|

Kota Kabanjahe Pilot Projeck Terminal Type B Pertama di Sumut


INILAHMEDAN - Kabanjahe: Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut Abdul Haris Lubis melalui Kepala UPT PSPP (Unit Pelayanan Terpadu Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perehubungan) Terminal Kabanjahe Dameria Tampubolon mengatakan Kota Kabanjahe pilot project terminal type B pertama dibangun di Sumatera Utara.
       
"Selain fasilitas utama untuk kebutuhan terminal, juga disiapkan sejumlah fasilitas pendukung yang rencananya menjadi tempat yang nyaman bagi calon penumpang bahkan pengunjung," kata Dameria Tampubolon kepada wartawan, Senin (21/09/2020).
       
Dengan anggaran sebesar Rp18,6 miliar dari APBD Sumut 2020, progres pembangunan terminal saat ini sudah mencapai 60 persen sejak mulai dibangun pada Mei lalu. Terminal Type B Kabanjahe ini sebagai pilot projeck  di atas lahan seluas lebih kurang 6.450 meter.
     
Menyinggung fasilitas dan ruang yang dibangun, Dameria menyebutkan, ruang loket untuk setiap perusahaan angkutan, ruang tunggu penumpang hingga ruang ibu menyusui akan disediakan. Gedung yang dibangun dua lantai itu juga akan menjadi kantor UPT PSPP Kabanjahe Dishub Sumut.
      
“Kantor disiapkan di bagian belakang (lantai 2). Di depannya kita siapkan ruang ibadah dan tempat makan (kuliner). Jadi tempat ini juga bisa dijadkan destinasi wisata bagi yang datang ke Karo,” sebut Dameria.
      
Dameria  meyakini konsep modern tidak cukup untuk mengubah pandangan umum tentang kondisi dan suasana di terminal. Selama ini terminal di benak masyarakat tempat yang seram dan suasana yang keras.
      
"Di sini akan kita ubah menjadi tempat yang aman, nyaman dan tenang dengan sejumlah fasilitas yang dapat memanjakan para calon penumpang," katanya.
              
Bupati Karo Terkelin Brahmana sangat mengapresiasi progres pembangunan terminal Kabanjahe guna mendukung Kabupaten Karo sebagai pintu gerbang bagian utara Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.
       
"Bukan terminal Bus AKDP saja, pembangunan Dermaga Tongging juga nantinya untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain di seputaran Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tongging," katanya.
      
Pembangunan Pelabuhan atau Dermaga Tongging dilakukan, katanya, untuk mendukung pariwisata bagian utara Danau Toba. Diharapkan  Kemenhub nantinya juga akan menempatkan kapal wisata di Tongging. (imc/is)

Komentar

Berita Terkini