-->
    |

Pemkab Karo Bangun Embung, Pertanian di Desa Sukatendel Makin Bergairah

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba dan lainnya meninjau Embung yang dibangun Pemkab Karo di Desa Sukatendel, Jumat (26/06/2020).(foto: ist)

INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bidang pertanian di Desa Sukatendel Kecamatan Payung, Karo makin bergairah. Masyarakat petani tidak lagi perlu khawatir saat datang musim kemarau setelah Pemkab Karo membangun Embung di desa itu. Bahkan mereka siap menjaga ketahanan pangan.

Hal itu diungkapkan Ketua Kelompok Tani Saburak (KTS) Desa Sukatendel Heroplin Peranginangin kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana saat berkunjung ke desa itu, Jumat (26/06/2020).

Kunjungan Bupati Karo didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Sekcam Tiganderket Amri Ginting, Danramil 06/Payung Kapten Inf K Kista, Kapolsek Tiganderket AKP J Bangun, tokoh masyarakat Thomas Joverson Ginting.

"Sejak Embung dibangun Pemkab Karo, masyarakat Desa Sukatendel merasa lega atas kepedulian Bupati Karo yang telah memberi motivasi dan dukungan sehingga apa yang dikhawatirkan warga selama ini, yakni kecemasan saat musim kemarau tiba, telah diantisipasi," kata Heroplin.

Masyarakat, kata Heroplin, hanya bermodalkan alat pompa air irigasi, lsudah dapat mengairi persawahan yang disedot dari Embung. Yang paling membanggakan, airnya tidak pernah kering.

"Embung juga berfungsi sebagai tempat berternak ikan Nila yang dikelola Kelompok Tani Subarak," katanya sembari menjelaskan saat ini masyarakat sudah menabur ikan Nila 1000 ekor atas bantuan Pemkab Karo melalui dinas terkait.

Sementara Bupati mengatakan pada prinsipnya tugas pemerintah selalu hadir di tengah kehidupan masyarakat untuk membantu. Sebab tidak ada niat pemerintah membiarkan masyarakatnya miskin dan kelaparan.

"Jadi apa yang dikehendaki masyarakat untuk memajukan perekonomian dan membangun fasilitas umum, silakan diusulkan. Pemerintah tidak pernah sungkan dan ragu merealisasikannya," tandas Bupati.

Bupati juga berjanji akan memberikan bantuan bibit ikan yang dibutuhkan Kelompok Tani Subarak seiring program ketahanan pangan di masa pandemi.

"Sepanjang ada permohonan usulan ke dinas terkait, pasti disuport agar cepat direalisasikan," katanya.(imc/is)


Komentar

Berita Terkini