|

Bupati Asahan Gelar Gerak Tanam Padi di Desa Serdang


INILAHMEDAN - Asahan: Bupati Asahan H Surya BSc melaksanakan Gerak Tanam Serentak Padi Sawah di Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Jumat (12/06/2020).

Turut bersama Bupati antara lain Asisten I Pemerintahan Jhon Hardi Nasution, Asisten II Ekbang Bambang HS, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kominfo dan beberapa OPD serta camat dan unsur Forkopimcam.

Kepala Dinas Pertanian Oktoni Erianto dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah dalam rangka mendukung Program Swasembada Pangan Berkelanjutan.

Dengan Gerakan Tanam Serentak ini, Oktoni berharap adanya sinergitas positif antara semua pemangku kepentingan baik eksekutif, legislatif, swasta serta seluruh komponen masyarakat khususnya petani yang menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan sektor pertanian.

"Tahun 2020 telah direalisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas 2.025 Ha yang bersumber dari dana APBN 1600 Ha, APBD Provinsi Sumut 100 Ha dan APBD Kabupaten Asahan 325 Ha," katanya.

Sementara Bupati menyampaikan komitmen Pemerintah RI dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik dengan menitikberatkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

“Saat Pandemi Covid-19 sekarang ini, pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar di sektor pertanian yaitu mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau, di sisi lain kesejahteraan petani juga harus diperhatikan," kata Bupati.

Surya juga mengatakan bahwa Pemkab Asahan melalui Dinas Pertanian terus melakukan upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan swasembada pangan. Upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi dari Sei Silau untuk menaikkan debit air sungai Bunut dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan sumber air untuk persawahan di Kecamatan Meranti dan Kecamatan Rawang Panca Arga.(imc/adlin)
Komentar

Berita Terkini