|

Terapi Plasma Darah Pasien Covid-19 Di RSAD Sembuh 2-3 Orang


INILAHMEDAN - Jakarta : Dua sampai tiga pasien positif virus corona di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dinyatakan sembuh usai menggunakan terapi plasma darah.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (14/05/20).

" Sudah ada dua hingga tiga pasien yang sembuh (karena terapi plasma darah), kira-kira dua atau tiga minggu yang lalu," katanya.

Menurutnya, terapi ini hanya diperuntukkan bagi pasien covid-19 level berat, misalnya perlu bantuan ventilator dan memiliki penyakit bawaan.

" Jadi ini (terapi plasma darah) hanya dibolehkan kepada mereka yang penyakitnya berat, tidak untuk yang ringan dan tidak boleh untuk pencegahan," jelasnya.

Terapi plasma darah untuk penanganan covid-19 akan mulai diterapkan secara serentak usai lebaran nanti, setelah protokol nasional selesai dibuat.

" Kemarin kami baru menyepakati protokol nasional untuk penerapannya di rumah sakit dan juga proses pengambilan donor," ucapnya.

Selain itu, setelah protokol selesai, diharapkan minggu ini bisa ditandatangani dan minggu depan atau sehabis lebaran sudah bisa diterapkan.

Ia juga menyebutkan proses pendonoran plasma darah tersebut tidak jauh berbeda dengan donor darah pada umumnya.

Darah yang diambil dari pasien sembuh covid-19 nantinya akan dimasukkan ke mesin, lalu akan dipindahkan dari sel.

Kemudian sel itu dikembalikan ke dalam tubuh, agar pasien tidak kehilangan selnya. Setelah plasma masuk ke dalam tubuh pasien, pasien tersebut akan diamati secara intensif selama satu minggu.

Penggunaan plasma darah merujuk kepada estimasi tenaga medis di China, yang hanya dalam beberapa hari pasien sudah akan menunjukkan tanda-tanda membaik. (***/imc)

Komentar

Berita Terkini