|

Pemko Medan Lakukan Persiapan Laksanakan New Normal


INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan saat ini tengah mempersipkan segala sesuatu untuk menuju tatanan kehidupan baru yakni new normal. Persiapan yang dilakukan meliputi infrastruktur, kultur serta kesiapan masyarakat dari berbagai aspek. Sebab, Pemko Medan sudah memiliki konsep dasar untuk melaksanakan new normal tersebut.

Persiapan ini dilakuklan dalam rangka mendukung Provinsi Sumatera Utara menuju new normal pasca berakhirnya kondisi tanggap darurat, Jumat (29/05/2020).

“Sebenarnya Pemko Medan sudah memiliki konsep dasar untuk melaksanakan new normal, konsepnya tengah dipersiapkan tim,” kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution.

Ungkapan ini disampaikan Akhyar usai menghadiri rapat pembahasan Kebijakan Strategis Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut Pasca Tanggap Darurat di Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan, Jumat (29/05/2020).

Rapat yang dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi, turut dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, unsur Forkompimda Sumut, Wagubsu Musa Rajekshah  serta sejumlah Wali Kota dan Bupati se-Sumut.

Sebagai langkah awal menuju new normal, kata Akhyar, Pemko Medan akan merevisi Perwal No 11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 meski dilihat pasal per-pasal sinkron dengan new normal yang akan dijalani. Dikatakannya, revisi dilakukan akan merujuk Keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) serta petunjuk dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan evaluasi yang dilakukan, jelas Akhyar, Perwal No 11/2020 akan sejalan pelaksanaan new normal. “Dalam melakukan revisi Perwal ini kita akan merujuk kepada Keputusan Menkes dan  Kemendagri. Dengan demikian penegakan Perwal akan tetap dilakukan sejalan pelaksanaan new normal,” terangnya.

Akhyar juga mengajak seluruh rekan-rekan media agar terus mengajak dan mengedukasi masyarakat agar selalu mengenakan masker di masa pandemi Covid-19 di mana pun berada. Sebab, penggunaan masker mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini