-->
    |

Antonius Sarankan Pendidikan Swasta Beri Keringanan Pembayaran Uang Sekolah

Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor menyarankan agar pihak yayasan pendidikan swasta di Medan memberi keringanan biaya uang sekolah kepada peserta didik menyahuti berbagai keluhan warga dampak wabah virus corona.

"Sebaiknya semua pihak saling membantu dan bukan pemerintah saja yang dituntut menyahuti keluhan rakyat dampak wabah corona," kata Antonius Devolis Tumanggor, Kamis (02/04/2020).

Menurut Antonius, kodisi saat ini membuat masyarakat terbatas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dampak imbauan tidak keluar rumah dalam mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

"Nah keringanan biaya uang sekolah harus menjadi pertimbangan bagi pihak yayasan sekolah," kata mantan ketua Komite SD St Thomas 4 Medan ini.

Secara operasional, kata politisi NasDem ini, biaya yang dikeluarkan sekolah tidak banyak karena diberlakukannya sistem belajar online bagi peserta didik di rumah. Kemudian biaya listrik berkurang, menghemat biaya alat kelengkapan tulis menulis dan lainnya.

"Jadi, biaya yang tidak dikeluarkan pihak yayasan bisa menutupi pemotongan uang sekolah 50 persen bagi peserta didik. Apalagi dana BOS dari pemerintah pusat untuk masing-masing sekolah tetap dikucurkan. Jadi saya kira tidaklah terlalu memberatkan bila pembayaran uang sekolah dipotong 50 persen," katanya.

Antonius juga meminta Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan bisa membicarakan hal teknis pengurangan uang sekolah ini dengan pihak pengelola yayasan pendidikan yang ada di Medan.

"Memang sesuai kewenangannya Pemko Medan mengurusi tingkat sekolah dasar dan SMP dan untuk SMA/SMK kita mintakan Gubsu melalui Dinas Pendidikan Sumut bisa membicarakannya dengan pengelola yayasan pendidikan tersebut.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini