|

Akhyar Dampingi Gubsu Cek Lokasi Pusat Screaning Awal Pasien Covid-19


INILAHMEDAN - Medan: Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mendampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau ex RSU Sari Mutiara (RSUSM) di Jalan Kapten Muslim, Rabu (18/03/2020). Peninjauan ini dilakukan guna meminta RSU Sari Mutiara sebagai tempat yang disiapkan sebagai pusat screening awal pasien suspect Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Gubsu mengatakan gedung rumah sakit itu akan digunakan sebagai tempat pusat pelaporan awal bagi pasien suspect Covid-19 jika terjadi lonjakan. Apabila setelah dilakukan screening awal terhadap salah satu suspect Covid-19 ternyata positif, pasien tersebut akan dirujuk ke RS G. L Tobing di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

"Saya berharap gedung ini dapat dipersiapkan secepat mungkin sebagai tempat evakuasi cadangan lengkap disertai dengan peralatan medis," jelas Edy.

Akhyar bersama Gubsu dan sejumlah Kepala Rumah Sakit Swasta Kota Medan dan Pemilik RSUSM Parlindungan Purba serta Ketua Satgas Covid-19 Riadil Akhir Lubis melihat kondisi ruangan yang nantinya akan diubah menjadi lokasi evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat.

Akhyar Nasution yang bertindak sebagai Komandan Penanganan Siaga Darurat, mengatakan jika suatu waktu terjadi lonjakan angka kasus Covid 19 di Kota Medan semua rumah sakit di bawah kendali Pemko Medan. Selanjutnya, untuk hal teknis seluruh kepala rumah sakit yang hadir di antaranya RSU Bunda Thamrin, RSU Mitra Medika, dan RSU Royal Prima, Akhyar menginstruksikan untuk dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi.(imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini