-->
    |

Tahun Depan, Jumat Bersih PD Pasar Makin Masif, Pedagang Beri Apresiasi

Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya melakukan pengecatan langit-langit basement di Pasar Petisah pada gotong-royong Jumat Bersih, Jumat (27/12/2019).(foto: bsk)

INILAHMEDAN - Medan: PD Pasar Kota Medan terus menggelorakan gotong-royong lewat program Jumat Bersih. Program ini terkonsentrasi di pasar-pasar tradisional. Bahkan pada 2020 program ini kian masif dilakukan.

"Mulai Januari 2020, gotong-royong Jumat Bersih tidak lagi dilaksanakan bergilir, tapi  serentak di tiga cabang PD Pasar Medan," kata Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya di sela-sela gotong-royong membersihkan basement Pasar Petisah Medan, Jumat (27/12/2019).

Tahun depan, kata Rusdi, apel setiap hari Jumat di kantor ditiadakan dan gantinya para pegawai langsung menyasar ke pasar untuk melaksanakan gotong royong demi menciptakan pasar aman, nyaman dan bersih.

"Selama ini Jumat Bersih dilaksanakan bergilir dari satu cabang ke cabang lainnya. Tapi tahun depan dilaksanakan serentak di tiga cabang PD Pasar Medan. Jadi satu cabang membersihkan satu pasar," katanya seraya menekankan kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kontribusi pelayanan terbaik kepada pedagang dan masyarakat pelanggan.
Direktur Utama PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya bertatap muka dengan pedagang  Pasar Petisah guna menampung aspirasi terkait penanganan pasar.(foto: bsk)

Kata Rusdi, peningkatan kualitas program bersih-bersih pasar sekaligus menunjang peningkatan aktivitas produksi bank sampah yang merupakan bagian tak terpisahkan dari program merawat kebersiham pasar. 

"Bank Sampah adalah program yang didesain untuk mendorong peningkatan kebersihan sekaligus peningkatan kesejahteraan karyawan harian lepas yang menangani kebersihan," katanya.

Kegiatan Jumat Bersih di Pasar Petisah kemarin, merupakan kegiatan Jumat Bersih terakhir di tahun 2019. Gotong-royong melibatkan pegawai dari  struktur jabatan paling atas hingga bawah. Mereka berbaur di tengah pedagang, pihak kelurahan dan mitra PD Pasar. Mereka membersihkan lokasi secara bersama-sama, melakukan pengecetan dinding dan langit-langit pasar. Selain itu dilaksanakan fogging atau pengasapan untuk antisipasi pengembangan jentik nyamuk pembawa penyakit. 

Selain Dirut PD Pasar turut hadir Direktur Pengembangan dan SDM PD Pasar Kota Medan, Arifin Rambe para kepala cabang dan kepala pasar se-Kota Medan.

Kegiatan Jumat Bersih di Pasar Petisah mendapat apresiasi dari masyarakat dan pedagang. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Rusdi atas kerja nyatanya yang turun langsung ke lapangan memperhatikan para pedagang," ujar Sri Juniati salah seorang pedagang.

Sudah menjadi tradisi, kegiatan Jumat Bersih dimanfaatkan pedagang bersilaturahmi bertemu langsung dengan Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya menyampaikan aspirasi dan harapannya. 

Ketua DPW Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (Appsindo) Sumut H Baginda Agusmar Pili didampingi sekretaris Alox Damianus Pinem SE pada kesempatan itu menemui Rusdi Sinuraya. Mereka menyampaikan pernyataan tertulis memberikan apresiasi  atas kinerja dan kepedulian Rusdi selama ini terhadap nasib pedagang. 

"Atas dasar pertimbangan itu kami menginginkan Pak Rusdi memiliki wewenang yang lebih tinggi demi kesejahteraan pedagang dan masyarakat," kata Agusmar.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini