-->
    |

Ciptakan Pasar Bersih dan Nyaman, PD Pasar Gencar Laksanakan Jumat Bersih

Kacab I PD Pasar Medan Syafrizal Lubis S.Sos (pegang sapu lidi) memimpin kegiatan Jumat Bersih di Pasar Pusat Pasar.(foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Direktur utama (Dirut) PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya dan jajarannya terus bekerja keras mewujudkan pasar tradisional yang bersih, nyaman dan modern. Upaya itu diwujudkan dengan gotong royong setiap hari Jumat melalui kegiatan Jumat Bersih.

Seperti yang dilakukan di Pusat Pasar Medan, Jumat (20/12/2019). Meski kegiatan bersih-bersih rutin dilakukan di pasar ini, namun hal itu dirasa belum memadai untuk menggapai target 'Medan Rumah Kita, Pasar Rumah Pedagang', slogan yang hendak diwujudkan oleh Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya.

Untuk itu melalui kegiatan Jumat Bersih kali ini, jajaran PD Pasar Kota Medan fokus ke lantai 4 Pusat Pasar Medan. Lokasi foodcourt yang rutin dikunjungi pedagang dan pembeli ini juga menjadi perhatian serius. Sehingga baik pedagang maupun masyarakat yang hendak mengisi perut dapat menikmati panganan dengan nyaman.

Kepala Cabang I PD Pasar Syafrizal Lubis S. Sos didampingi Kapal Pasar (Kapas) Pusat Pasar M. Idaham Suadi Siregar SH mengatakan, kegiatan Jumat Bersih ini merupakan program Dirut PD Pasar untuk menciptakan pasar yang bersih, nyaman dan tertata. 

"Kegiatan Jumat Bersih merupakan program yang dicanangkan Dirut PD Pasar untuk mewujudkan Pasar Rumah Pedagang, Medan Rumah Kita. Melalui program ini Dirut PD Pasar sangat serius dan fokus untuk membenahi seluruh pasar tradisional di Kota Medan, baik kebersihan maupun kerapiannya, sehingga baik pedagang maupun pengunjung merasa nyaman," ujar Rizal.

Pada Jumat Bersih kali ini, lanjut Rizal, gotong royong difokuskan di lantai 4, karena lokasi ini sudah dijadikan foodcourt. Seluruh pedagang makanan dan minuman di lantai 3 sudah di Pusat Pasar sudah dipindahkan ke lantai 4 untuk menghindari keluhan para pedagang pakaian akibat aroma masakan yang sangat mengganggu. Selain itu, keberadaan pedagang makanan dan minuman di lantai 3 juga membuat kondisi menjadi pengap dan mengganggu pernafasan.

Pemindahan itu juga merupakan upaya penataan pasar, sehingga penempatan pedagang disesuaikan dengan barang dagangan. 

"Intinya kita akan terus bekerja keras untuk meminimalisir setiap persoalan yang selama ini terjadi di pasar tradisional," katanya.

Sementara itu Kapas Pusat Pasar Idaham Suadi Siregar menambahkan, selain kebersihan, PD Pasar juga akan melakukan penataan dengan memperbaiki dan menambah fasilitas untuk memberi kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat yang berbelanja. Salah satunya dengan perbaikan eskalator dan penambahan lift hingga ke lantai 4.

"Kita akan memperbaiki eskalator dan menambah lift ke lantai empat, sehingga nantinya dari lantai satu hingga empat terhubung dengan lift. Ke depan para pedagang dan pengunjung akan lebih mudah ke foodcourt di lantai empat," ujarnya.

Semua program itu, ujar Idaham, sesuai dengan petunjuk Dirut PD Pasar untuk menjadikan Pusat Pasar lebih nyaman, teratur dan modern.

Kegiatan gotong royong berlangsung lancar dan diakhiri dengan sarapan bubur kacang hijau. (imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini