|

Raja Belanda akan Kunjungi Sumut, Salah satu Tujuannya Danau Toba

Sekda Provsu Sabrina saat menerima kunjungan Perwakilan Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia di kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (12/11/2019).(foto: ist)

INILAHMEDAN - Medan: Raja Belanda Willem Alexander rencananya akan mengunjungi Indonesia pada 10-12 Maret 2020. Selain akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo juga akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Danau Toba pun menjadi salah satu destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Hal itu terungkap saat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina menerima kunjungan Perwakilan Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia di kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Selasa (12/11/2019).

Hugo Brenninkmeijer, Operasional Manager Kedutaan Besae Belanda untuk Indonesia, mengatakan keindahan alam Sumut menjadi salah satu pertimbangan Raja Belanda untuk berkunjung.

Hugo juga mengaku senang atas respon baik dari Pemerintah Provinsi Sumut yang langsung mau menerima audiensi. "Saya berharap bisa bekerja sama dengan Pemprovsu untuk menyambut Raja Belanda. Banyak masukan yang saya dapati. Nanti beberapa pilihan akan saya sampaikan," terang Hugo.

Sabrina menyambut rencana Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia mengajak Raja Belanda Willem Alexander mengunjungi Sumut.

"Pesona wisata di sini banyak. Ada ekowisata Tangkahan, penangkaran Orangutan Bukit Lawang. Jika ingin melihat panorama keindahan alam yang mempesona, Sumut punya Danau Toba," kata Sabrina.

Sabrina memaparkan tentang keindahan Danau Toba, serta beberapa destinasi lainnya sambil memperlihatkan video mengenai destinasi wisata kelas dunia tesebut.

"Jika ke Danau Toba, nanti Raja Willem bisa mengunjungi beberapa lokasi, semisal melihat aktivitas penenun yang ada di Danau Toba. Lalu singgah melihat peninggalan sejarah Batak di Huta Siallagan. Terakhir bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati kopi di Huta Ginjang," terang Sabrina.

Kedatangan Raja Willem direncanakan hanya sehari. Sabrina mengatakan untuk menikmati keindahan alam Danau Toba tidak cukup satu hari.

"Bapak Presiden Jokowi saja saat kunjungan terakhirnya menghabiskan waktu tiga hari dua malam di Danau Toba. Saya rasa nanti Raja Willem akan minta waktu lebih," ujar Sekda sambil bergurau. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini