|

Tuntaskan Pembangunan Jalan, 3 Alat Berat Dipacu


INILAHMEDAN - Sipispis : Pembangunan sarana jalan pada sasaran fisik TMMD ke-106 Kodim 0204/DS di Desa Pispis Kampung, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai terus dipacu. Sarana ini menjadi vital untuk memperlancar pengangkutan material untuk membangun sasaran lainnya.

Dansatgas TMMD Letkol Kav Syamsul Arifin, SE, MTr (Han) melalui Perwira Pengawas (Pawas) Lapangan Lapangan Kapten Inf Bosten Lumbanraja, Kamis (10/10/2019) mengatakan, sejumlah alat berat itu terus dioperasikan hingga kini untuk pengerasan badan jalan yang baru dibuka.

Menurutnya, badan jalan sepanjang 1.000 meter yang baru dibuka itu, belum seluruhnya dilakukan pengerasan. Akibatnya saat diguyur hujan kondisinya lembek, sehingga sulit dilalui truk pengangkut material bangunan.

Diterangkan Danramil 15/Sipispis ini, pengerasan badan jalan dengan alat berat untuk mengefektifkan waktu dan tenaga. Karena selama beberapa hari terakhir, proses pengerasan dilakukan secara manual dengan memanfaatkan jumlah personil yang ada dengan dibantu warga sekitar.

Namun akibat kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan lokasi yang turus diguyur hujan, menjadikan efektivitas pekerjaan pengerasan secara manual tidak berpengaruh banyak. Sementara di sisi lain, target pengerjaan sasaran menjadi melesat lantaran personil yang ada diperbantukan untuk melakukan pengerasan badan jalan.

“Karena faktor itulah makanya penggunaan alat berat sampai kini masih diarahkan untuk pengerasan badan jalan, di samping membantu untuk proses pekerjaan lainnya,” urai Kapten Lumbanraja.

Di samping pengerasan badan jalan, Satgas TMMD 106 Kodim 0204/DS juga mengerjakan sasaran fisik lainnya. Yakni pembangunan jembatan permanen yang membelah Sei Bah Bolon dengan ukuran panjang 40 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 12 meter.
Selain itu, sasaran fisik lainnya adalah perehaban dua unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dimiliki nenek Horaimin br Damanik (80), warga Dusun 2, Desa Pispis Kampung, dan Sarwanto (47), warga Dusun 5, Desa Pispis Kampung.

“Pembangunan dua RTLH ini dikerjakan dengan menerapkan konstruksi tahan bencana, seperti puting beliung atau gempa kekuatan sedang,” tambah Kapten Lumbanraja.

Di luar sasaran fisik, TMMD 106 Kodim 0204/DS juga melaksanakan kegiatan non fisik, dengan sasaran kegiatan berupa penyuluhan-penyuluhan. Mulai dari bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, teknologi pertanian, sadar hukum, bahaya narkoba dan lainnya. (red)
Komentar

Berita Terkini