|

Puskesmas Labuhan Deli Kukuhkan Dokter Kecil Siswa Pangeran Antasari

Koordinator Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Drg Yetty Kusnia didampingi Koordinator Sekolah Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang menyerahkan sertifikat dokter kecil usai pengukuhan di sekolah tersebut di Jalan Veteran, Helvetia Kecamatan  Labuhan Deli.(foto: ist)


INILAHMEDAN - Medan: Kepala UPT Puskesmas Labuhan Deli Febryanto M mengukuhkan dokter kecil siswa Yayasan Pendidikan (YP) Pangeran Antasari. Pengukuhan itu dilaksanakan di halaman sekolah tersebut di Jalan Veteran, Kecamatan Labuhan Deli.
   
Hadir pada pengukuhan itu, Camat Labuhan Deli Syafii Sihombing, Koordinator Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Drg Yetty Kusniar, Ketua YP Pangeran Antasari Dr Tommy Leonard SH MKn, Kepala Penanggungjawab Klinik Prima Melati dr Sri Wahyuni Nasution MKT, Koordinator Sekolah Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang, Kepala SMP Muhammad Nur MPd, Kepala SMA/SMK Suriani MPd, Kepala SD M Abdug MPd, Guru Pembina dokter kecil Purwati SPd, Samsul Mustika SS SPd, Imam Ilham S Sos.
   
Febryanto menyampaikan dokter kecil yang dikukuhkan ini adalah anak-anak pilihan. Dokter kecil ini tugasnya mulia. Karena fungsinya menolong teman, keluarga, dan lain-lain terutama saat berada di lingkungan sekolah.

Febryanto memotivasi siswa-siswi Sekolah Pangeran Antasari. Dia mengajak siswa yang tergabung dalam dokter kecil agar menerapkan hidup sehat dan bersih di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Sementara itu, Koordinator Sekolah Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk menyemangati dan mendekatkan murid-murid untuk mengenal dunia kesehatan, khususnya peran para dokter dan tenaga medis semenjak usia dini.

Leo menambahkan, sebelum dikukuhkan, para dokter kecil ini diberikan pelatihan selama satu bulan setengah. "Mereka dilatih oleh para tenaga kesehatan dan medis dari Puskesmas," katanya.
   
Para dokter kecil ini, kata dia, selain dibekali dengan kemampuan pelayanan kesehatan dasar yang lazim disebut Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), mereka juga dapat difungsikan sebagai penyuluh bagi teman-teman sekolahnya masing-masing tentang perilaku hidup sehat.
     
Di tempat terpisah Ketua YP Pangeran Antasari Tommy Leonard kepada wartawan menyatakan sangat menyambut baik kegiatan dokter kecil di Sekolah Pangeran Antasari.

Menurut tokoh pendidikan Sumut ini, kegiatan dokter kecil ini penting untuk membangun kemampuan dan keterampilan para siswa/siswi di bidang kesehatan, serta menggerakkan pastisipasi mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan internal sekolah.(imc/bsk)

   


Komentar

Berita Terkini