-->
    |

Pemekaran Desa Batukarang Kuta Hampir Rampung


INILAHMEDAN - Medan: Proses pemekaran Desa Batukarang Kuta dari Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, hampir rampung. Hal itu ditandai dengan penyerahan kode registrasi desa persiapan Batukarang Kuta dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Selasa (29/10/2019).

Kode registrasi desa diserahkan Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprov Sumut Mhd Fitriyus didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Aspan Sofian kepada Wakil Bupati Karo Cory Sebayang di kantor Gubernur Sumut.

Fitriyus mengatakan Pemprov Sumut siap mendukung dan membantu Pemkab Karo mempercepat proses pemekaran Desa Batukarang.
“Kita tentu akan mendukung dan membantu sebisa mungkin untuk mempercepat pemekaran ini. Kita berterima kasih kepada Pemkab Karo yang sudah bekerja keras untuk mewujudkan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang mengatakan, masyarakat Batukarang Kuta dan Pemerintah Kabupaten Karo sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mempercepat proses pemekaran ini.

Pemekaran Desa Batukarang ini sudah memenuhi syarat seperti yang disebutkan di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2017, yaitu batas usia desa, jumlah penduduk, wilayah kerja, sosial budaya, potensi, batas  wilayah, sarana dan prasara, serta tersedianya dana operasional. Menurut Cory, faktor utama yang menjadi pertimbangan pemekaran ini adalah padatnya penduduk di desa tersebut.

“Daerah ini sangat padat, ada sekitar 5.000 jiwa dan dengan daerah yang luas maka pelayanan kepada masyarakat sulit dipenuhi. Karena itulah dirasa perlu dilakukan pemekaran. Kita juga sudah mempersiapkan perangkat-perangkat desanya. Ini semua kita lakukan demi kesejahteraan masyarakat,” tambah Cory. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini