|

15 Prajurit Lantamal X Ikuti LDD


INILAHMEDAN - Medan: Wadan Lantamal X Kolonel Eko Wahyono membuka Latihan di Dalam Dinas (LDD) pengenalan Sea Vision di Dojo Kempo Lantamal X, Rabu (09/10/2019).

Sebanyak 15 prajurit Mako Lantamal X yang terdiri dari 3 personel Sintel Lantamal X, 2 Sops Lantamal X dan Satrol Lantamal X serta Tim Intel Lantamal X masing-masing 5 personel yang mengikuti LDD tersebut.

Dalam latihan ini peserta diberi teori maupun praktek. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dari 9 dan 10 Oktober 2019.

Komandan Lantamal X melalui Wadan mengatakan Latihan Dalam Dinas ini merupakan wujud pembinaan satuan dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para peserta tentang manfaat dari program Sea Vision.

Yaitu program geogle maps yang dapat memvisualisasikan lokasi kapal maritim secara detail sehingga diperoleh informasi akurat posisi kapal berada.

"Dengan dilaksanakannya LDD ini, kita berharap akan dapat meningkatkan kemampuan para personel intelijen dan operasi sesuai tugasnya," ujarnya.

Derasnya arus globalisasi menuntut kemampuan penguasaan pengetahuan setiap prajurit TNI Angkatan Laut dalam Iptek untuk mengantisipasi perkembangan ancaman negara dari laut maupun darat khususnya terhadap penangkapan ikan ilegal oleh kapal-kapal ikan asing.

Dikatakan, dengan pemanfaatan perkembangan Iptek, dapat menyiapkan data dan informasi intelijen yang akurat untuk digunakan sebagai bahan acuan dalam mengambil keputusan bagi pemimpin termasuk dalam kegiatan operasi di laut. Sehingga keputusan seorang pemimpin akan cepat dan tepat karena didukung oleh data yang dipertanggung jawabkan.

"Iptek juga merupakan bagian dari peperangan dalam bentuk perkembangan fisik jumlah besar menjadi kecil, tetapi memiliki kemampuan yang besar," sebutnya.

Dengan kemampuan Iptek juga dapat mengakses segala informasi kelebihan dan kelemahan lawan. Bila di hadapkan dengan wilayah kerja Lantamal X yang meliputi perairan Samudera Pasifik dan perbatasan dengan negara PNG sangat sesuai penggunaan program sea vision sehingga masalah perbatasan, dan ancaman aspek lintas laut di wilayah kerja Lantamal X dapat termonitor.

Tampak Hadir Asintel Danlantamal X, Kolonel Sadikin Rijali, Aspotmar Danlantamal X, Kolonel Novi Narua, Dansatrol Lantamal X, Kolonel Tri Dian Hutanto S.

Dandenma Lantamal X, Letkol Mar Sujiono, Dantim Intel Lantamal X, Letkol Mar Indarto, Wadantim Intel Lantamal X, Mayor Wilujeng Sigijatno para Kadis/Kasatker Lantamal X, para Pama, Bintara Dan Tamtama Mako Lantamal X. (rel/zoy)

Komentar

Berita Terkini