|

Wujudkan Nias Daerah Wisata, Pemprovsu Bantu Museum Pusaka Nias

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengunjungi Museum Pusaka Nias di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Gunungsitoli - Nias di sela-sela kunjungan kerja rapat Sail Nias 2019, Senin (02/09/2019). (foto: ist)



INILAHMEDAN - Nias: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) segera memberikan bantuan kepada Museum Pusaka Nias di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo Gunungsitoli, Nias. Bantuan diberikan sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap pengembangan Nias menjadi daerah wisata.

Hal itu dikatakan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengunjungi Museum Pusaka Nias, Senin (02/09/2019) di sela-sela Kunjungan Kerja Rapat Sail Nias 2019 bersama bupati dan wali kota se-Kepulauan Nias serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nias.

Kedatangan Gubernur dan rombongan disambut tarian Same'e Afo (penerimaan sirih) yang maknanya, tari penghormatan pada tamu dengan pemberian sirih. Turut hadir Ketua Yayasan Pusaka Nias sekaligus pendiri Museum Pusaka Nias P Johanes M Hammerle OFMCap dan Direktur Museum Pusaka Nias P Nata'alui Duha.

Pada kesempatan itu, Gubernur meminta Kadisbudpar Sumut Ria Novida Telaumbanua untuk memperhatikan Museum Pusaka Nias dengan menyalurkan bantuan untuk opersional dan memperindah kembali museum tersebut.

"Segera ibu perhatikan museum ini. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemprov Sumut untuk menjadikan Nias daerah wisata," kata Edy.

Diketahui, Museum Pusaka Nias sudah berdiri sejak 1995 dengan luas lahan 2 hektar. Pendiri museum yakni P Johanes M Hammerle OFMCap yang merupakan misionaris dari Jerman yang telah menetap selama 40 tahun di Nias.

Di lahan 2 hektar itu terpajang bebagai peninggalan sejarah yang ada di Nias. Di antaranya kain tenun Nias yang umurnya ratusan tahun, miniatur, guci serta mata uang zaman kerajaan dahulu. Selain peninggalan sejarah, museum itu juga terdapat taman satwa yang berisi sejumlah satwa yang ada di Nias, seperti burung Beo, Buaya Muara dan lainnya.

Sementara itu Kadisbudpar Ria Telaumbanua mengatakan akan menindaklanjuti perintah Gubernur. Bantuan ini, kata dia, merupakan upaya dalam menarik kunjungan wisatawan ke Nias.

Turut hadir mendampingi Gubernur di antaranya Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Kadisperindag Sumut Zonny Waldi dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Hendra Dermawan Siregar. (imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini