|

Bangunan Menjamur, Realisasi Pajak IMB di Dua Kecamatan Nol Rupiah

Kepala Bapeda Asahan Mahendra (kiri) didampingi Plt Bupati Asahan Surya.(foto: ist)


INILAHMEDAN - Asahan: Realisasi pendapatan daerah dari sektor pajak Izin Mendirikan Bangunan (IMB) per Januari - Juli 2019 sangat minim. Bahkan realisasi pendapatan di dua kecamatan malah nolrupiah. Padahal pendirian bangunan-bangunan baru di dua kecamatan itu terus menjamur.

"Pendapatan dari sektor IMB periode Januari - Juli 2019 nol rupiah. Ini terjadi di Kecamatan Teluk Dalam dan Kecamatan Air Batu. Padahal di dua kecamatan itu banyak didirikan bangunan-bangunan baru. Apakah itu bangunan perusahaan atau lainnya," kata Kepala Bapeda Asahan Mahendra kepada pers, Jumat (19/07/2019).

Berdasarkan pemantauan wartawan, sejumlah bangunan perusahaan bertambah setiap tahunnya. Baik itu bangunan pagar dan perluasan perusahaan. Ini terlihat di Desa Pulau Maria dan Kecamatan Air Batu.

Di Desa Pulau Maria, saat ini tengah dibangun sejumlah pabrik aspal. Di Kecamatan Air Batu ada bangunan seluas 10 hektar sedang didirikan di Desa Danau Sijabut dan Desa Hessa Air Genting. Namun pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor IMB malah nol rupiah.

"Heran juga kita," kata Mahendra.

Mahendra memaparkan dari Rp400 juta target pajak dari sektor IMB untuk tahun 2019, namun hingga Juli 2019 hanya terserap Rp29.163.700 yang disetor pihak kecamatan di 25 kecamatan se-Asahaan.

"Selisihnya Rp370 juta yang harus dicapai pada Desember 2019 mendatang," katanya.

Mahendra berharap masyarakat harus taat pajak dan taat hukum. Sebab pembangunan Asahan berasal dari sektor pajak daerah. "Pemerintah desa juga kecamatan jangan bosan menagih pajak," katanya. (imc/zainal)




Komentar

Berita Terkini