|

Pemkab Sergai Pasang 300 Lampu Tenaga Surya di Perbaungan

Pemkab Sergai memasang 300 lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), salah satu lokasi berada di ruas jalan menuju objek wisata Pantai Cermin. (foto: yuka)

INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Sebanyak 300 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) terpasang di beberapa ruas jalan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara. Salah satunya terlihat di kawasan Sei Ular, Kecamatan Perbaungan menuju jalan Pantai Cermin, Sabtu (29/06/2019) malam.

Tokoh masyarakat, Rahmiono yang biasa disapa Pak Kacuk, warga Pasiran, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan, mengatakan dengan dipasangnya lampu tersebut membuat kawasan tempat tinggalnya terang di waktu malam.

"Sebagai warga, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai," katanya Ahad (30/06/2019).

Dengan dipasangnya lampu di sepanjang jalan Sei Ular Perbaungan menuju Pantai Cermin, kata Rahmiono, masyarakat merasa nyaman saat melintas.

"Tapi sebelum ada lampu jalan, di sepanjang jalan itu sering terjadi kecelakaan bahkan juga pernah terjadi begal, jambret dan lainnya, ujarnya.

Kepala Masinis Perkebunan PTPN IV Kebun Adolina M Imran Harahap juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai dengan memasang lampu jalan tersebut.

"Selain memberikan rasa nyaman bagi warga yang melintas, keberadaan lampu itu membuat suasana malam lebih indah," kata Imran.

Sementara Bupati Sergai Soekirman mengatakan dipasangnya lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Sebagai upaya dan sinergitas yang dilakukan Pemkab Sergai dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Bupati berharap agar masyarakat bersama-sama dengan unsur pemerintahan menjaga agar infrastruktur ini tetap dalam kondisi baik sehingga dapat bermanfaat lebih lama.

"Jika jalan sudah terang, maka perekonomian semakin kencang," ujar Bupati.(imc/yuka)



Komentar

Berita Terkini