|

Pangdam I/BB Ajak Anak Bangsa Terus Pupuk Persatuan dan Kesatuan

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah memeriksa barisan peserta apel padaHari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kodam I/BB, Kamis (20/06/2019). (foto: zoy)


INILAHMEDAN - Medan: Panglima Kodam I/BB Mayjen MS Fadhilah mengajak anak bangsa untuk terus memupuk persatuan dan kesatuan guna menuju Indonesia maju, berdaulat, adil dan makmur.

"Dengan terus memupuk persatuan dan kesatuan, mari kita songsong masa depan Indonesia yang maju, berdaulat, adil dan makmur. Mari kita bangun kehidupan yang harmoni didasari nilai-nilai luhur budaya bangsa," kata Pangdam saat menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT ke-69 Kodam I/BB di Markas Kodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (20/06/2019).

Pangdam mengatakan dengan tema 'Menjalin Persatuan dan Kesatuan Anak Bangsa' pada HUT ke-69 Kodam I/BB menjadi momentum yang baik untuk terus merajut kebersamaan yang menjadi representasi kokohnya bangunan soliditas TNI - Polri, pemerintah daerah dan masyarakat khususnya di wilayah Kodam I/BB.

Pangdam menyadari masih banyak keterbatasan dan mungkin kealfaan yang terjadi pada pelaksanaan pengabdian pada negara serta dalam interaksi antara prajurit-prajurit Kodam I/BB dengan masyarakat.

"Pada peringatan Hari Jadi ke-69 Kodam I/BB ini, dengan kerendahan hati kami sampaikan permohonan maaf yang setulusnya disertai komitmen untuk memperbaikinya di masa mendatang," katanya.

Menurut Pangdam, peringatan hari jadi pada hakekatnya adalah sebuah momentum untuk introspeksi diri dalam mengevaluasi perjalanan yang telah dilalui. Sekaligus menetapkan komitmen dalam melakukan yang lebih baik di masa depan.

"Selama 69 tahun, Kodam I/BB telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri. Dalam rentang waktu itu, Kodam I/BB terus berusaha bahu-membahu membangun sendi-sendi kehidupan masyarakat serta mengawal dan mengamankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Pada HUT itu, masyarakat dapat menyaksikan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) yang dimiliki Kodam I/BB dan dari unsur TNI AL, TNI AU serta Polri dalam pameran yang digelar di lapangan Makodam I/BB.

Sebagai wujud hormat dan penghargaan kepada pahlawan, Kodam I/BB juga telah menata dan meresmikan Taman Perjuangan dan Museum Djamin Ginting serta Ruang Fasilitas Fitnes yang diberi nama Kawilarang Fitnes Centre.

"Ini wujud rasa hormat kami kepada Kolonel AE Kawilarang yang merupakan Pangdam I/BB pertama. Kami ingin mewarisi nilai-nilai kejuangan beliau guna mendorong semangat pengabdian kami di usia yang ke-69 tahun Kodam I/BB," kata dia.
 
Hadir pada HUT itu Gubernur beserta segenap Forkopimda Provinsi Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri, para bupati/wali kota, Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Irdam I/BB, Kapok Sahli Pangdam I/BB. Kemudian para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para sesepuh dan pPurnawirawan, ketua LVRI, ketua Warakawuri dan ketua FKPPI, tokoh agama, adat, pemuda kemasyarakatan dan para pimpinan media massa dan Ketua Persit KCK PD I/BB beserta pengurus lainnya. (imc/zoy)



Komentar

Berita Terkini