-->
    |

Forum Bhineka Tunggal Ika Medan Gelar Bakti Sosial


INILAHMEDAN - Medan: Forum Bhineka Tunggal Ika Medan melaksanakan bakti sosial dan penyuluhan peduli kesehatan mata kepada masyarakat Jalan Karya, Kecamatan Medan Barat, Kamis (07/02/2019).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Lembaga Peduli Kesehatan Masyarakat (LPKM) Medan.

Ketua Forum Bhineka Tunggal Ika Medan TT Ravi Kumar mengatakan bakti sosial ini sudah kali dilaksanakan di kota Medan.

“Tujuannya agar masyarakat lebih mengerti betapa pentingnya kita menjaga kesehatan mata," ungkap TT Ravi Kumar.

Leriza sebagai narasumber dari Lembaga Peduli Kesehatan Masyarakat (LPKM) Medan memaparkan indera mata bagi kehidupan manusia merupakan jendela dunia yang perlu mendapat perawatan semaksimal mungkin.

Menurut Leriza, ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit  mata. Selain faktor keturunan, juga karena faktor ekonomi yang tidak pernah melakukan pemeriksaan ke dokter.

"Gejala penyakit mata bisa timbul antara lain terkena sinar matahari, terkena asap atau pun kurangnya mengkonsumsi Vitamin A atau  sayur-sayuran," katanya.

Ada beberapa katagori penyakit mata saat ini berupa rabun jauh, rabun dekat dan pandangan berbayang, kemudian  katarak serta Glaucoma (buta melek).

Menurut Leriza, glaucoma merupakan salah satu penyakit mata yang sukar disembuhkan. “Pasien buta melek hanya bisa dioperasi di luar negeri seperti di Penang dan Malaysia. Itu pun bisa sembuh dan bisa melihat kembali bila ada yang mendonorkan bola mata kepada  pasiennya,” papar Leriza.

Leriza menjelaskan saat ini ada beberapa cara perobatan secara medis atau pun melalui tanaman obat tradisionil dengan memanfaatkan getah  dahan randu, kemudian dengan daun katarak dan daun sirih merah. 

“ Prosesnya tentu secara tradisional dan hasilnya  juga bisa mengurangi  stadium penyakit mata yang diderita pasien,” ungkap Leriza sambil menyebutkan pihak LPKM  juga memperkenalkan  obat tetes mata Bee Bread yang berasal dari cairan madu anak lebah yang baru menetas.

”Ini dapat diteteskan ke mata sebelum tidur malam. Dapat digunakan selama dua atau tiga bulan pemakaian. Terpenting, marilah kita tingkatkan kesadaran bersama tentang kesehatan mata sebelum terjadi titik awal penyakit mata,” tegas  Reliza.

Salah seorang caleg dari Gerindra yang akan maju sebagai anggota DPRD Medan 17 April nanti, Selwa Kumar, di kesempatan ini telah berpartisipasi  menyumbang kacamata baca gratis untuk diberikan kepada warga yang hadir. 

Hadir pula salah seorang tokoh agama Hindu Medan Naran Sami, Krisna dan sejumlah pengurus Forum Bhineka Tunggal Ika Medan lainnya. (imc/eddysta) 
Komentar

Berita Terkini