|

UPZ Masjid Al-Issya Hakim Gelar Donor Darah dan Sunat Masal Gratis


INILAHMEDAN - Deliserdang: Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Al-Issya Hakim Jalan Karya Jaya, Namorambe, Deliserdang, menggelar sunatan masal. 

Sunat mencapai 130 orang. Mereka berasal dari sekitar lingkungan Masjid Al Issya Hakim,” ucap Ketua UPZ Masjid Al-Issya Hakim Ir Pandapotan Nasution MM didampingi Ketua Panitia Budi Yus Sastra, Eddy H Tambunan dan lainnya.

Sebelum disunat, anak-anak terlebih dahulu diberi edukasi pemantapan iman. Mereka dibekali pemahaman kalimat Tauhid dan Ummul Qur’an.

“Anak-anak juga diajarkan tata cara buang air kecil dan besar serta pemahaman bahwa mereka kini sudah baligh atau dewasa,” tutur Pandapotan seraya menyebut di Masjid Al Issya Hakim setiap harinya dilaksanakan program Magrib Mengaji yang diikuti puluhan anak-anak sekitar masjid.

Sunat massal dan donor darah, kata Pandapotan, merupakan kegiatan Hablumminannas (hubungan sesama manusia). 

“Artinya dana dari ummat untuk ummat dan langsung dapat dirasakan ummat,” ujarnya.

Kegiatan sunat masal UPZ Masjid Al-Issya Hakim, sebut Pandapotan, didukung tim medis Fakultas Kedokteran UMSU, Dinas Kesehatan Sumut, Dinas Kesehatan Deliserdang, RSU Adam Malik dan Puskesmas Namorambe. Sedangkan donor darah didukung PMI Deliserdang. 

“Kegiatan ini juga dapat dukungan dari PT Pelindo I (Persero), PT Telkom, Taman Citra Mandiri, Baznas Deliserdang, BKM Al-Issya Hakim, Hatari dan ASW Foods. Insya Allah, tahun depan kegiatan sosial ini tetap dilaksanakan,” harapnya.  
Pandapotan memaparkan program-program UPZ Masjid Al-Issya Hakim yang berada di bawah naungan Baznas Deliserdang. Menurutnya, UPZ itu berdiri medio Agustus 2018 lalu. Sejak berdiri, lembaga yang berada di lingkungan Masjid Al-Issya Hakim ini mencanangkan sejumlah proram keumatan yang sebahagian sudah terlaksana. Dalam bidang ekonomi, UPZ sudah mampu memberi pinjaman produktif sebesar Rp 2 juta/bulan untuk jamaah dan masyarakat sekitar yang membutuhkan modal guna pengembangan usaha kecil menengah (UKM). 

“Sekitar 30 persen dana zakat yang terkumpul oleh UPZ akan digunakan untuk perkembangan ekonomi umat. Selain memberi modal, juga diupayakan sinkronisasi antara UKM dengan industrinya. Tujuannya untuk membantu percepatan proses pemasaran produk UKM tersebut agar cepat berkembang,” katanya.
 
Dalam bidang pendidikan, UPZ Masjid Al-Issya Hakim sudah memberikan beasiswa Rp200 ribu/bulan kepada pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu. 

“Saat ini baru tujuh siswa, ke depannya akan lebih banyak lagi. Insya Allah, ke depannya kita bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi untuk memberi beasiswa untuk kalangan mahasiswa,” paparnya.

Di bidang kesehatan, UPZ Masjid Al-Issya Hakim acap memberikan penyuluhan bekerjasama dengan perguruan tinggi. 

“Seperti di sela-sela acara sunat masal ini, tim medis Fakultas Kedokteran UMSU dr Ervina SpKK memberikan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS kepada orangtua dan kawula muda,” sebut Pandapotan.
Program lainnya yakni bidang kemaslahatan umat. Program ini memberi bantuan kepada panti asuhan, panti jompo, fakir dan yatim piatu. 

“Sedangkan bidang dakwah yakni pengajian dan peringatan hari-hari besar Islam,” paparnya.
Hal senada disampaikan Budi Yus Sastra. “Untuk sunat masal diikuti 130 anak yang ditangani 40 tim dokter dari FK UMSU. Juga dibantu pihak RSU Adam Malik, Dinkes Sumut dan Deliserdang melalui Puskesmas Namorambe. Anak-anak yang disunat, nantinya jika membutuhkan perobatan lebih lanjut dapat datang ke Puskesmas Namorambe,” ujar ketua panitia kegiatan tersebut.
Budi juga menyebut bahwa donor darah berhasil mendapatkan belasan kantong untuk disumbangkan melalui PMI Deliserdang. 

“Alhamdulillah, pagi ini saja donor darah sudah mendapatkan 12 kantong. Semoga dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ucapnya.
Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Issya Hakim, Kahirul Anshori ST, menyebut kegiatan positif ini diharapkan dapat menjadi amal ibadah bagi semua pihak yang mendukung pelaksanaannya. 

“Mudah-mudahan niat baik ini diterima Allah. Semoga anak-anak yang mengikutinya, menjadi anak sholeh yang berbakti pada orangtua dan berguna bagi nusa bangsa,” tukasnya. (imc/rel)
Komentar

Berita Terkini