|

Sriwijaya dan Batik Air Tambah Ekstra Flight di Bandara Silangit


INILAHMEDAN - Taput: Bandara Silangit di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, menjadi modal penting pembangunan pariwisata di Danau Toba.

Sebagai pintu gerbang pariwisata Danau Toba, Bandara Silangit menjadi kebutuhan bagi kawasan Danau Toba. Sebab jalur distribusi menjadi lebih pendek sehingga pariwisata Danau Toba juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Danau Toba.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang libut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, Maskapai Batik Air dan Sriwijaya Air mengikuti jejak Garuda Indonesia dan Citilink mengajukan ekstra flight di Bandara Internasional Silangit.

"Hingga kini sudah ada empat maskapai yang menjagukan ekstra flight yakni Garuda, Citilink, Sriwijaya dan Batik Air," kata Executive General Manager (EGM) Bandarara Silangit Mohamad Hendra Irawan.

Menurut Hendra, Sriwjaya Air berencana meningkatkan intensitas penerbangannya menjadi tiga kali dalam satu hari. Sebelumnya hanya dua kali sehari pada rute Soekarno Hatta-Silangit-Soekarno Hatta.Penambahan jadwal terbang ini berlaku sejak 13 Desember 2018 hingga 14 Januari 2019.

Sedangkan Batik Air, kata dia, akan menerapkan penambahan jadwal penerbangan menjadi dua kali sehari dari layanan terbang sebelumnya yaitu satu kali dalam sehari. Ketentuan ini berlaku pada 17 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019.

Layanan ekstra flight ini mengikuti pengajuan Garuda Indonesia meningkatkan jumlah penerbangannya dari empat kali dalam seminggu menjadi setiap hari (15 Desember 2018 - 10 Januari 2019). Sementara Citilink juga menambah satu kali penerbangan setiap harinya menjadi dua kali dalam satu hari pada rute terbang Halim PK (20 Desember 2018 - 6 Januari 2019).

"Penambahan penerbangan ini akan meramaikan jalur penerbangan domestik dari Bandara Silangit menjadi total 10 kali dalam sehari," ujarnya.

Saat ini, Garuda Indonesia melayani satu kali penerbangan setiap hari. Citilink tiga kali, Batik Air dua kali, Sriwijaya Air tiga kali dan Wings Air satu kali untuk rute Kualanamu-Silangit-Kualanamu. Ditambah pula penerbangan Susi Air pada setiap Rabu dan rute Silangit-Gunung Sitoli. (***/imc)

Komentar

Berita Terkini