|

Manajemen Lemah, Sekda: Evaluasi Jajaran RSU Pirngadi


INILAHMEDAN - Medan: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wirya Alrahman meminta Direktur RSUD Pirngadi Medan Suryadi Panjaitan segera mengevaluasi seluruh jajarannya. 

Evaluasi ini terkait menurunnya tingkat kunjungan masyarakat yang berobat ke rumah sakit milik Pemko Medan tersebut. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, tingkat kunjungan masyarakat yang berobat menurun hingga 40 persen.

"Evaluasi ini secepatnya dilakukan. Salah satunya terkait perbaikan pelayanan dan kinerja jajaran RSUD Pirngadi Medan," kata Sekda saat memimpin rapat evaluasi di Ruang Rapat I RSUD Pirngadi Medan, Kamis (08/11/2018).

Sekda mengungkapkan menurunnya jumlah kunjungan pasien yang berobat ke RSUD Pirngadi Medan harus segera dilakukan agar rumah sakit tidak semakin terpuruk. Kata Sekda, evaluasi ini harus benar-benar transparan dan mendalam hingga menemukan akar permasalahan yang sebenarnya.

Sekda juga menyarankan agar manajemen RSUD Pirngadi mampu membuat perencanaan dan laporan pertanggungjawaban atas setiap anggaran yang digunakan untuk operasional.

Guna memperbaiki manajemen RSUD Pirngadi, kata Sekda, Pemko Medan akan mengirimkan 2 orang ASN dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan untuk dilatih terkait tata pelaporan keuangan dan aset yang baik dan benar di Kementerian Keuangan.

“Setelah selesai dilatih, mereka akan bersama-sama dengan manajemen RSUD Pirngadi untuk membuat laporan keuangan dan aset yang baik dan benar,” jelas Sekda.

Selain untuk memperbaiki manajemen, ungkap Sekda, juga sebagai upaya mewujudkan rencana Pemko Medan menjadikan RSUD Pirngadi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Salah satu persyaratan untuk menjadikan RSUD Pirngadi menjadi BLUD maka haruslah memiliki pelaporan keuangan dan aset yang transparan dan akuntabel,” ungkap Sekda.

Dirut RSUD Pirngadi Medan Suryadi Panjaitan mengaku siap untuk melakukan evaluasi terhadap jajarannya. Meski begitu, dia juga meminta bimbingan dan arahan dari Pemko Medan.

“Kami siap melakukan evaluasi. Kami juga mengharapkan bantuan dan dukungan penuh dari Pemko Medan,” ungkap Suryadi.

Kadis Kesehatan Kota Medan Usma Polita mengamini arahan Sekda untuk dilakukannya evaluasi. Sebagai instansi yang menaungi RSUD Pirngadi, Usma menilai selama ini yang menjadi pemicu utama masalah di RSUD Pirngadi adalah lemahnya manajemen. 

Kondisi ini berimbas dengan menurunnya pelayanan sehingga masyarakat enggan datang berobat. (imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini