|

Akhyar: Pemko Medan Fokus Kembalikan Fungsi Rumija


INILAHMEDAN - Medan: Pemko Medan akan terus fokus menertibkan jalan-jalan yang ada di Kota Medan dari gangguan keamanan dan ketertiban seperti parkir liar dan berlapis, pasar tumpah serta pedagang pulsa liar. Sebab Ruang Milik Jalan (Rumija) tidak diperuntukkan untuk hal tersebut.

"Pemko Medan akan berusaha mengembalikan fungsi jalan sebagaimana mestinya," kata Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution usai menghadiri kegiatan Kopi Darat Gabungan Bikers se-Sumut yang diselenggarakan Polda Sumut di halaman Mapolda Sumut, Sabtu (29/09/2018) malam.

Dikatakan Akhyar, sesuai program Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto yang menginginkan Kota Medan lancar dan jauh dari kemacatan, serta pengendara tertib berlalu lintas, Pemko Medan turut mendukung dengan terus melaksanakan berbagai penertiban di antaranya penertiban pasar tumpah, PKL dan pedagang pulsa serta parkir liar dan berlapis termasuk terminal liar.

“Tapi kita fokus dulu untuk membebaskan persoalan-persoalan ketertiban jalan dan mengembalikan fungsi jalan sebagai prasarana umum bukan milik pribadi. Negara hadir di tengah-tengah masyarakat bukan untuk menghambat, namun memberikan kenyamanan bagi warganya,” ujar Akhyar.

Di samping itu, kata Akhyar, Pemko Medan juga bekerja sama dengan Satlantas Polrestabes Medan yang kini tengah melakukan berbagai rekayasa lalu lintas untuk dapat mengurai kemacatan yang sering terjadi di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Medan.

Akhyar juga menjelaskan rencana Pemko Medan yang akan menghadirkan transportasi massal dalam 2 bentuk moda transportasi yakni Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) yang nantinya dapat dipergunakan masyarakat dan diharapkan dapat menjadi solusi persoalan kemacatan. (imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini