|

Akhyar Optimis Kepramukaan Metode Efektif Satukan Generasi Muda


INILAHMEDAN - Medan: Peringatan Hari Pramuka ke-57 Tingkat Kwartir Cabang Kota Medan Tahun 2018 berlangsung meriah di Lapangan Benteng Medan, Ahad (30/09/2018).

Selain upacara, kegiatan yang diikuti sekitar 5.000 perwakilan dari seluruh kwartir ranting di Kota Medan juga diisi dengan karnaval serta pesta siaga. Di samping itu dilakukan penggalangan dana untuk membantu korban bencana gempa bumi serta tsunami di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan diwakili Wakil Wali Kota Akhyar Nasution bertindak sebagai pembina upacara. Yang menariknya, dalam upacara tersebut bertindak sebagai komandan upacara adalah bocah perempuan berusia 8 tahun bernama Naomi Telaumbanua dari Kwartir Pramuka Kecamatan Medan.

Meski masih kanak-kanak namun Naomi mendapat apresiasi penuh dari seluruh pengunjung. Sebab bocah berambut panjang itu tampil apik dan lugas memimpin jalannya upacara hingga berakhir. Hal ini menunjukkan pembentukan karakter yang dilakukan melalui aktifitas kepramukaan di Kota Medan berjalan maksimal.

Akhyar optimis dan percaya kepramukaan merupakan metode paling efektif untuk menyatukan anak-anak muda. “Segala perbedaan menjadi kekuatan, anak-anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan luar ruangan yang menyenangkan,” katanya.

Melalui  kepramukaan ini, jelas Akhyar, pemerintah termasuk Pemko Medan tentunya sangat terbantu dalam melakukan pendidikan karakter yang kini menjadi fokus perhatian. Ditegaskannya, melalui pendidikan kepramukaan semua persoalan yang ada seperti peningkatan angka kejahatan, penggunaan narkoba,  geng motor serta berkurangnya nilai moralitas dapat tertitipkan. (imc/bsk)

Komentar Anda

Berita Terkini