|

Bupati Sergai Terkesan dengan Produktifitas Kelompok Ternak




INILAHMEDAN - Serdangbedagai: Bupati Serdangbedagai (Sergai) Soekirman mengunjungi Kelompok Ternak Mulya Jaya di Dusun Durian, Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Selasa (0708/2018).

Turut mendampingi Bupati yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Sergai Aliuddin dan Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan.

Tampak juga Kepala Desa Melati II Supardi, Ketua Kelompok Ternak Mulya Jaya Sudarman, Pembina Kelompok Ternak Yudhi Guntara, tokoh pemuda Dimas Triadji, Penyuluh Pertanian Bungaria Sihaloho dan para anggota Kelompok Ternak Mulya Jaya Desa Melati II.

Bupati Soekirman pada kunjungan tersebut mengaku terkesan dengan Kelompok Ternak Mulya Jaya yang begitu kreatif dalam memproduksi hasil ternak.

“Jangan bosan untuk berkreasi serta berinovasi demi kemajuan Sergai dan mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan," harap Bupati.

Sementara Kadis Ketapang Aliuddin mengatakan Kelompok Ternak Mulya Jaya merupakan salah satu kelompok ternak unggulan yang tidak hanya membudidayakan hewan ternak tetapi juga menghasilkan produk dari hewan ternak itu sendiri.

"Dalam waktu dekat beberapa orang dari setiap desa se-Kecamatan Perbaungan akan mendapatkan pembinaan terkait pola peternakan yang terintegrasi," kata Aliuddin.

Peternakan terintergrasi adalah bagaimana memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah menjadi sumber penghasilan, produksi atau bahkan menjadi kawasan wisata edukasi.

Pembina Kelompok Ternak Mulya, Yudhi Guntara, menjelaskan saat ini pihaknya sedang mengembangbiakkan 10 ekor sapi jenis Brahman, 40 ekor kambing etawa dengan pakan khusus yang terbuat dari ampas soya (kedelai) dan 10 di antaranya sudah memproduksi susu.

Kemudian 500 ekor bebek petelur yang menghasilkan sekurangnya 400 butir telur per hari untuk dijadikan telur asin.

“Sedangkan susu kambing yang dihasilkan tidak hanya utuk diminum tetapi juga sebagai bahan pembuatan sabun,” beber Yudhi Guntara. (imc/nirwani)



Komentar

Berita Terkini