|

Perjuangkan Hak Perempuan, Ria Gurning Siap Maju Pilkada Samosir 2024

Pemerhati Sosial, Anak dan Budaya, Ria Gurning.(foto: dok) 

INILAHMEDAN - Samosir: Pemerhati Sosial, Anak dan Budaya, Ria Gurning menyatakan dirinya siap maju pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir pada Pilkada serentak 2024. Kabarnya sosok wanita yang aktif dalam sejumlah kegiatan sosial dan kebudayaan ini mendapat dukungan dari masyarakat dan para tokoh di Samosir. 

Sebagaimana diketahui, Ria Turning juga berperan aktif dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan dan menjadi harapan kaumnya jika kelak memimpin Kabupaten Samosir. 

Dalam kesehariannya, Ria Turning juga aktif menyambangi para penenun ulos yang ada di Samosir, termasuk kerap mengedukasi SDM kaum wanita di Samosir dengan keilmuan yang dimilikinya. 

Ria Gurning yang merupakan putri daerah Samosir kelahiran 21 Agustus1975 ini juga kerap menjalin komunikasi dengan berbagai stakeholder agar pemasaran ulos berjalan lancar.

Ria Gurning merupakan lulusan Sarjana Pertanian dan juga istri seorang almarhum Dandenma Lantamal I Belawan Letkol Marinir Toni Simbolon. 

Ria Gurning yang kini menekuni serta merawat kelestarian budaya batak Toba, secara khusus ulos, mendirikan sebuah toko tas berbahan dasar ulos.

“Saya awalnya tinggal di Jakarta karena sang suami tugas di sana. Lalu, pada tahun 2019, kami pindah ke Medan dan sejak itulah saya terjun ke Samosir. Waktu itu, program pertama yang saya buat adalah Wanita Tangguh, Hebat, dan Mandiri. Saya sering buat seminar-seminar tentang itu,” ungkap kader Partai Golkar ini.(imc/rel) 

Komentar

Berita Terkini