|

Polda Sumut Rapat Lintas Sektoral Guna Pengamanan Nataru 2024 Dan Operasi Lilin Toba

Kapoldasu Irjen Agung saat rapat lintas sektoral. (foto : dok)  

INILAHMEDAN
- Medan : Kepolisian daerah (Polda) Sumut menggelar rapat lintas sektoral guna pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru) dengan stakeholder terkait di Aula Tribrata Mapoldasu, Kamis (14/12/2023).

Dalam rapat yang dipimpin Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi itu membahas berbagai persiapan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 mendatang. 

Agung mengatakan, pengamanan Nataru 2024 digelar dalam Operasi Lilin Toba 2023 dengan melibatkan 12 ribu lebih personil gabungan untuk menciptakan kamtibmas tetap kondusif.

" Pengamanan ini sebagai bentuk jaminan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Provinsi Sumatera Utara harus aman," imbuhnya.   

Pengamanan yang dilakukan ada beberapa aspek yang diperhatikan. " Diantaranya mengantisipasi bencana alam mengingat kondisi cuaca ekstrim serta kemacetan arus lalu lintas di wilayah perbatasan Sumatera Utara dengan memfungsikan jalur tol selama Nataru," paparnya. 

Agung mengungkapkan pula, Polda Sumut akan mendirikan 170 posko sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat saat merayakan Natal dan Tahun 2023.

" Juga melakukan pencegahan dengan deteksi dini mengantisipasi terjadinya aksi teror saat merayakan Natal di gereja-gereja," ungkapnya. 

Menurutnya, ada sembilan ribu gereja di Sumut dan nantinya pengamanan akan diperketat.

" Kolaborasi pengamanan Nataru ini terus ditingkatkan karena kita sudah terbiasa konteks bekerja sama dengan instansi serta masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas kondusif," pungkasnya. (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini