|

Polda Sumut Gelar Peningkatan Kemampuan Psikologi Bagi Konselor Trauma Healing

Kapolda Irjen Agung saat kalungkan tanda peserta kepada salah satu personil. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Medan : Kepolisian daerah (Polda) Sumut melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan psikologi bagi konselor trauma healing dan pemberian layanan psikologi berupa support-PSI tahun 2023.

Kegiatan selama dua hari sejak 30 November-1 Desember 2023 itu dibuka langsung oleh Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi di Hotel Wings, Kabupaten Deliserdang. 

Kapolda mengatakan, kegiatan peningkatan kemampuan psikologi bagi konselor trauma healing merupakan bagian dari program prioritas Kapolri sebagai bentuk transformasi organisasi yang ke 3 menjadikan SDM Polri unggul di era Police 4.0.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada Karopsi SSDM Polri dan tim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Polda Sumut," ujarnya, Jumat (01/12/2023).

Ia mengungkapkan, Polda Sumut saat ini memiliki 182 konselor psikologi ada di seluruh jajaran. Tujuan digelarnya kegiatan untuk meningkatkan kemampuan psikologi bagi konselor trauma healing dalam membantu mengelola tekanan-tekanan atau stresor bagi anggota Polri.

" Oleh karenanya kegiatan ini sangat penting agar para konselor dapat mencairkan solusi dan meminimalisir permasalahan yang dihadapi personil Polda Sumut karena beban tugas yang sangat berat," ungkapnya.

" Juga, kemampuan ini sangat bermanfaat dalam kegiatan untuk membantu memulihkan gangguan psikologi masyarakat akibat traumatis atau ketakutan di masa lalu yang dialami. Seperti mengalami peristiwa bencana alam atau anak-anak mengalami kekerasan," tuturnya. 

Mantan Asops Kapolri itu juga berharap setelah digelarnya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas konselor psikologi agar pelayanan kesehatan mental terhadap personil maupun masyarakat yang membutuhkan dapat berjalan baik dan optimal.  (imc/joey) 


Komentar

Berita Terkini