|

Puluhan Pelaku UMKM Sambut Gembira Event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Samosir

Puluhan stan pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) terlihat antusias menjajakan dagangannya pada event Aquabike World Championship 2023 di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Meski terbilang sepi pembeli, namun mereka mengaku gembira atas gawean event internasional di perairan Danau Toba tersebut.(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Samosir: Puluhan stan pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) terlihat antusias menjajakan dagangannya pada event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Meski terbilang sepi pembeli, namun mereka mengaku gembira atas gawean event internasional di perairan Danau Toba tersebut. 

R boru Sinaga, salah satu pelaku UMKM yang menjual kerajinan tangan mengatakan dirinya sudah membuka stan di halaman Gereja Katolik Paroki Desa Pardomuan 1 Kecamatan Pangururan sejak 21 - 25 November 2023. Meski harga yang ditawarkan tergolong murah, namun pengunjung tidak banyak ke stannya tidak banyak. 

"Memang pengunjung ramai, tapi sepi pembeli. Mereka datang cuma melihat-lihat. Meski begitu kami gembira event ini digelar di Samosir," kata Boru Sinaga saat ditemui di lokasi, Kamis (23/11/2023). 

Kebanyakan produk yang dijual pelaku UMKM terbuat dari bahan ulos dan mencirikan khazanah budaya Batak. Seperti dari bahan ulos. Ukiran kayu khas bermotif adat Batak dan lainnya. Termasuk juga panganan khas lokal. 

Meski begitu, warga Pangururan ini mengaku senang Kabupaten Samosir mendapat kepercayaan sebagai lokasi pelaksanaan event internasional perlombaan Jetski yang berlangsung selama 5 hari. 

"Harapan kami, sering seringlah event seperti ini dilaksanakan agar kunjungan wisatawan meningkat dan tentunya pendapatan pelaku UMKM pun juga meningkat," katanya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini