|

Kapolri Dan Panglima TNI Deklarasi Netralitas Pemilu 2024

Kapolri Jendral Listyo dan Panglima TNI Jendral Agus. (foto : dok) 

INILAHMEDAN
- Jakarta : Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto menandatangani Deklarasi Komitmen Netralitas TNI-Polri Dalam Penyelengaraan Pemilu 2024. 

Kegiatan tersebut pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dilaksanakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI-Polri dan Kejaksaan di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat pada Senin (27/11/2023).

Kapolri dan Panglima TNI bersama-sama menandatangani prasasti dengan disaksikan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja serta Sentra Gakkumdu yang turut berhadir.

Adapun isi Deklarasi Komitmen Netralitas TNI-Polri pada Penyelenggaraan Pemilu 2024 yaitu untuk menciptakan Pemilu yang demokratis: 1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas.

2. Menghindari konflik kepentingan dan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu.

3. Bersama-sama melakukan upaya pencegahan pelanggaran pemilu dan politik uang serta 4. Saling bersinergi untuk menjaga kondusifitas penyelenggaraan pemilu.

Untuk diketahui bahwa tahapan Pemilu akan memasuki masa kampanye yang dimulai pada Selasa 28 November 2023 (besok) hingga 75 hari ke depan atau sampai 10 Februari 2023 mendatang.(imc/joey)

Komentar

Berita Terkini