|

Pembina Upacara HUT RI di SD Santo Thomas, Antonius Sampaikan Implementasi Merdeka Belajar

Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor menjadi Pembina Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Yayasan Perguruan Katolik Don Bosco Agung SD Swasta Santo Thomas 4 Medan Jalan Setia Baru, Kamis (17/08/2023).(foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor menjadi Pembina Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Yayasan Perguruan Katolik Don Bosco Agung SD Swasta Santo Thomas 4 Medan Jalan Setia Baru, Kamis (17/08/2023).

Antonius menyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim soal Kurikulum Merdeka Belajar yang saat ini sudah diimplementasikan kepada pelajar dan para pendidik. 

Kemerdekaan Belajar saat ini sudah dirasakan di lebih dari 250 ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Menurut Antonius, Merdeka Belajar seperti yang diamanatkan Menteri Pendidikan, tidak terbatas pada baca, tulis, hitung, tetapi juga kemampuan literasi dan numerasi, keterampilan berkomunikasi, dan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. 

Saat ini Kementerian Pendidikan, kata Antonius, terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru, melaksanakan program seleksi guru ASN PPPK dengan melibatkan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. 

"Berkat gotong royong ini, Kementerian Pendidikan berhasil mencetak rekor dengan merekrut 544 ribu guru ASN PPPK. Jumlah ini akan terus meningkat sampai tercapai target satu juta guru diangkat menjadi ASN PPPK.

Dikatakannya, untuk jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

"Perjuangan kita dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia. Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar," kata Antonius membacakan amanat Menteri Pendidikan Nadiem Karim.

Usai melaksanakan upacara, Antonius memberikan sumbangan uang sekolah gratis atau bea siswa kepada 50 pelajar di SD Swasta Santo Thomas 4 Medan. 

"Pemberian uang sekolah gratis ini sebagai bukti nyata dalam mendukung dan mencerdaskan generasi bangsa," katanya. 

Kepala SD Swasta Santo Thomas 4 Medan Renty Simajuntak mengaku terharu atas niat baik Antonius Tumanggor yang juga merupakan alumni SD Swasta Santo Thomas 4 Medan. 

"Kita Tahu Pak Antonius merupakan alumni di sekolah ini. Beliau menjadi pembina upacara HUT RI di sekolah ini, merupakan kebanggaan bagi para guru, pelajar dan orangtua," katanya. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan para orangtua murid yang mendapatkan uang sekolah gratis atau bea siswa dari Antonius Tumanggor. 

"Terimakasih Pak Antonius, sukses selalu dan semoga kembali terpilih menjadi wakil rakyat pada Pemilu Legislatif 2024," kata perwakilan orang tua murid.(imc/bsk) 


Komentar

Berita Terkini