|

LIPPSU: PON XXI Karya Monumental Kembalikan Martabat Sumut Dalam Dunia Olahraga

Ketua Lembaga Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) Azhari AM Sinik. (foto: dok) 


INILAHMEDAN - Medan: Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh merupakan momentum bagi pemimpin Sumut menciptakan karya monumental yaitu Sport Centre. 

Hal itu dikatakan Ketua Lembaga Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara (LIPPSU) Azhari AM Sinik kepada wartawan, Senin (08/05/2023).

Untuk itu, LIPPSU mendukung penuh upaya pembangunan Sport Centre sebagai venue pelaksanaan PON XXI.

Menurut Azhari, stadion Teladan Medan yang dibangun 71 tahun lalu hingga kini menjadi ikon bagi Sumatera Utara. Stadion yang dibangun sebagai persyaratan bagi Sumut untuk menjadi tuan rumah PON III itu hingga kini masih berdiri megah dan masih menjadi kebanggaan masyarakat.

"Saat itu, Stadion Teladan baru saja selesai dibangun dan sampai saat ini masih menjadi ikon Sumatera Utara. Kini, 71 tahun setelah pelaksanaan PON III, Sumut kembali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah. Kita berharap agar Sport Centre juga bisa menjadi ikon dan proyek monumental bagi Sumut," ujar pria yang akrab disapa Ari Sinik ini.

Terlebih, lanjut Azhari, Sport Centre nantinya tidak hanya sebagai sarana olahraga, tapi dirancang untuk berbagai kegiatan masyarakat dan rekreasi.

"Rancangan Sport Centre yang tidak hanya sebatas sarana olahraga, tapi juga berbagai kegiatan lainnya sehingga dapat memacu peningkatan perekonomian masyarakat," kata Azhari.

Di lain sisi, pembangunan Sport Centre juga akan menambah aset Promprov Sumut sebagaimana pembelian eks Medan Club beberapa waktu lalu.

Tak hanya pembangunan fisik, melalui kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi Sumut untuk bisa mengukir prestasi di kancah olahraga tanah air.

"Saat PON III, Sumut berhasil masuk peringkat IV dengan perolehan 9 medali emas, lima perak dan 4 perunggu. Setelahnya Sumut sangat diperhitungkan dalam berbagai event olahraga tanah air," ujarnya.

Kini, lanjut Ari Sinik, prestasi olahraga Sumut kerap terlempar dari sepuluh besar perolehan medali dalam setiap kali pelaksanaan PON.

"Jadi PON XXI ini juga merupakan momen bagi olahraga Sumut untuk kembali bangkit agar bisa masuk lima besar," ujarnya.

Untuk itu, Azhari berharap agar seluruh elemen masyarakat mendukung upaya-upaya yang telah dilakukan Pemprovsu terkait dengan pelaksanaan PON XXI. Bagaimanapun, ini merupakan kesempatan untuk mengembalikan martabat di bidang olahraga. (imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini