|

Gubernur Edy Minta Maaf Soal Ucapannya Maju Pilgub 2024: Emosional Saya

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sebuah kegiatan. (foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta maaf kepada masyarakat Sumut soal pernyataannya kembali maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2024. Permintaan maaf Edy berkaitan dengan etika karena posisinya masih menjabat sebagai Gubernur. 

"Saya minta maaf untuk masyarakat Sumut. Tulis besar-besar ya, seharusnya secara etika, saya belum boleh menyatakan itu. Karena batas saya menjadi Gubernur Sumut itu sampai tanggal 5 September 2023," kata Gubernur Edy kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut, di Medan, Rabu (31/05/2023). 

Mantan Pangkostrad itu menilai ucapannya akan maju Pilgub Sumut 2024 seharusnya disampaikan usai menjabat sebagai Gubernur Sumut, setidaknya pada 6 September 2023. 

"Tanggal 6 September itu, hak progratif saya," tutur mantan Ketua Umum PSSI itu.

Gurbernur Edy mengungkapkan bahwa dirinya melemparkan statement maju di Pilgub Sumut lantaran terpicu emosional semata. Namun, ia tidak menjelaskan secara detail apa penyebab membuat dirinya emosional.

"Jadi (statement maju di Pilgub Sumut 2024) itu, kemaren itu saya minta maaf, emosional saya. Sehingga saya menyatakan itu. Itu etikanya tak baik, sayakan Gubernur, tidak bisa dilepaskan antara Edy dan Gubernurnya," jelas Gubernur Edy.

Saat ini mantan Pangdam I Bukit Barisan itu mengatakan akan fokus menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumut untuk beberapa bulan ke depan hingga berakhir masa jabatannya.

"Jadi saya minta maaf, jadi karena ini sudah terbuka (terlanjur) itu, janji politik saya. Tapi, secara riil saya belum berbuat (untuk maju di Pilgub Sumut 2024)," tutur Gubernur Edy.(imc/bsk) 



Komentar

Berita Terkini