|

Plt Sekda Tebingtinggi Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Transaksi QRIS

Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tebingtinggi Bambang Sudaryono menghadiri acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM yang digelar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Tebingtinggi, Jumat (03/03/2023).(foto: tuah)


INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tebingtinggi Bambang Sudaryono mengajak para pelaku UMKM bersiap diri bersaing di era digital dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

"Bank Indonesia memberikan fasilitas transaksi dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Ini harus dimanfaatkan pelaku UMKM maupun masyarakat. Tujuannya beradaptasi dari pembayaran tunai menjadi online," kata Bambang saat menghadiri acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM yang digelar Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Tebingtinggi, Jumat (03/03/2023). 

Deklarasi yang diselenggarakan KPPN bekerja sama dengan Pemko Tebingtinggi serta bersinergi dengan Bank Indonesia, OJK, Perbankan, itu turut dihadiri Kepala KPPN Tebingtinggi Mercy Monika R Sitompul, Wakapolres Tebingtinggi Kompol Asrul Robet Sembiring, Kepala BPKPD Sri Imbang Jaya Putra, perwakilan perbankan dan para undangan.

Kata Bambang, pemerintah kota juga mengucapkan terima kasih kepada KPPN dan pihak terkait yang telah mendukung dan menyukseskan deklarasi tersebut untuk mendukung perkembangan UMKM di Kota Tebingtinggi. 

Sementara itu Kepala KPPN Tebingtinggi Mercy Monika R Sitompul mengatakan acara Deklarasi Kolaborasi Gerakan Dukung UMKM menyosialisasikan kepada pelaku UMKM maupun masyarakat agar bertransaksi menggunakan QRIS. 

"QRIS sebagai standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya," katanya. 

Menurutnya, digitalisasi mempermudah bertransaksi juga akan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga perlu disosialisasikan bagi seluruh masyarakat. 

Mercy Monika juga mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pembinaan bagi pelaku UMKM baik dalam hal pemanfaatan QRIS maupun pemodalan dalam usaha. 

Kegiatan diikuti berbagai UMKM Kota Tebingtinggi dan juga dirangkai dengan kegiatan Gerak Jalan Sehat yang diikuti sekitar 500 orang peserta.(imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini