|

Pj Wali Kota Tebingtinggi Terima Penghargaan UHC Award 2023

Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. (foto: tuah) 


INILAHMEDAN - Tebingtinggi: Penjabat (Pj) Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. 

Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi dinilai sukses mendukung program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dan memiliki komitmen tinggi terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di Kota Tebingtinggi.

Penghargaan bertajuk "UHC Sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masyarakat Indonesia," itu diserahkan langsung Wakil Presiden kepada 22 Gubernur serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota/Bupati dan disaksikan Menko PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/03/2023).

UHC Award 2023 diberikan kepada kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota yakni pemerintah daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk. Kemudian sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan pemerintah daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan kepada kepada 22 kepala daerah provinsi dan 334 kabupaten/kota se-Indonesia yang dibagi dalam dua sesi. 

Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengatakan penghargaan ini merupakan hasil buah kerja sama dan kolaborasi antara Pemko Tebingtinggi dengan BPJS yang berhasil mengcover 98,88% masyarakat Kota Tebingtinggi terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).(imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini