|

F1 Powerboat di Danau Toba, Stan-stan UMKM dan Tenda Masyarakat Marak di Balige

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut Ilyas Sitorus usai di wawancara di Media Center F1H2O, Pelabuhan Mulia Raja, Jalan Bukit Barisan, Kota Balige, Kabupaten Toba, Kamis (23/02/2023). (foto: bsk)


INILAHMEDAN - Toba: Menjelang balapan F1 Powerboat (F1H2O), suasana di Balige, Kabupaten Toba, sudah terasa semarak. Tampak stan-stan UMKM mulai berdiri di tengah Balige.

Tenda-tenda masyarakat untuk menonton balapan pun mulai berdiri di pinggiran Danau Toba. Panggung-panggung hiburan juga sudah berdiri di berbagai titik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Utara (Sumut) Ilyas Sitorus mengatakan masyarakat Balige begitu bersemangat menyambut balapan akbar powerboat tersebut.

"Dengan semangat seperti ini, kita yakin semarak lah ajang balapan ini," kata Ilyas, yang juga Koordinator Humas Panitia Daerah F1 Powerboat kepada pers di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja, Balige, Kamis (23/02/2023). 

Ilyas juga memperkirakan para  pengunjung akan semakin ramai memasuki Balige pada Sabtu (25/02/2023).

"Diprediksi Sabtu dan Minggu, Balige padat pengunjung atau penonton," kata Ilyas.

Diharapkan, dengan ramainya pengunjung yang memasuki kawasan Danau Toba dapat menjadi ajang promosi Danau Toba pada nasional, bahkan internasional. Apalagi Danau Toba saat ini merupakan destinasi wisata superprioritas. 

"Kita bersyukur diadakannya balapan ini di Danau Toba, pariwisata itu harus didukung dengan banyaknya event," kata Ilyas. 

Adapun rangkaian kegiatan dimulai tanggal 25 Februari 2023 di antaranya latihan bebas, babak kualifikasi. Sementara pada tanggal 26 Februari merupakan hari balapan utama ditambah dengan kegiatan hiburan, atraksi air dan lainnya. 

"Rangkaian kegiatan tidak hanya balapan saja, ada hiburan, atraksi air, dan banyak lagi, tentunya akan menyemarakkan ajang ini," kata Ilyas. 

Sementara itu salah satu pedagang yang berjualan di sekitar Bukit Pahoda Desa Lumban Silintong, Balige, Vina Sibuea, mengharapkan usai event, pengunjung di Danau Toba tetap ramai. Menurutnya banyak yang bergantung dengan Danau Toba.

"Karena Danau Toba ini sumber kehidupan, maunya jangan hanya event ini, tapi melalui event ini mudah mudahan ke depannya akan lebih ramai lagi," katanya. 

Ia mengharapkan banyak pengunjung yang menghabiskan uangnya di Balige selama balapan berlangsung. Vina pun menyediakan tempat menonton dengan harga yang cukup murah. Mulai dari Rp5.000 hngga Rp10.000.(imc/bsk)




Komentar

Berita Terkini