|

Prajurit Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha Latih Navigasi Darat Kepada Mapala Dan Karang Taruna

Para anggota Mapala dan Karang Taruna. (foto : dok) 

INILAHMEDAN - Kalbar : Guna meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan di wilayah perbatasan Prajurit Pos Temajuk Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha melaksanakan pelatihan navigasi darat. 

Dengan materi kompas siang dan malam kepada anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dan Karang Taruna Desa Temajuk di Pos Pamtas Temajuk, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Hal itu disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Letnan Kolonel Hudallah dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau pada Selasa (24/01/2023). 

Dansatgas mengatakan, kegiatan pelatihan Navigasi darat tersebut dipimpin oleh Danpos Temajuk Lettu Chandra beserta 3 (tiga) anggota kepada para anggota Mapala dan Karang Taruna Desa Temajuk yang berjumlah 15 (lima belas) orang dengan materi Kompas siang dan malam. 

Navigasi darat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas. 

" Pengetahuan navigasi darat juga diperlukan untuk usaha-usaha dalam pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung/hutan," imbuhnya. 

Tujuan pelaksanaan kegiatan selain melatih keterampilan navigasi darat, diharapkan personil mapala dan karang taruna mengetahui serta mampu dalam menguasai kompas juga teknik dalam melaksanakan navigasi darat, khususnya malam hari serta diharapkan juga personil mengetahui dan melihat potensi yang ada di Kabupaten Sambas. (imc/joy) 



Komentar

Berita Terkini