|

Bupati 'Tampung' Langsung Aspirasi APUK

Bupati Eddy temui warga yang lakukan aksi Unras. (foto : nt)
INILAHMEDAN - Dairi : Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menemui pengunjukrasa yang mengatasnamakan Aliansi Petani Dairi untuk Keadilan (APUK) di kantor Bupati pada Selasa (01/11/2022).

Bupati didampingi Sekretaris Daerah Budianta Pinem, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jonny Hutasoit, Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman dan beberapa OPD Pemkab Dairi.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada warga dari berbagai kecamatan berkumpul dan melakukan orasi di kantornya dan hal demikian adalah wajar. 

" Saya sudah mendapat laporan dari bapak asisten dan pak Sekda tentang adanya inang, amang (ibu-ibu dan bapak-bapak) yang ingin berjumpa dengan saya," ujarnya. 

Pertama, katanya, menghargai sepenuhnya inang-inang (ibu-ibu) datang jauh-jauh dari beberapa kecamatan tentu dengan satu niat yang baik. " Jadi saya mengucapkan terima kasih atas niat itu, saya mendapatkan aspirasi dari amang, inang," sebutnya. 

Bupati menyampaikan bahwa pemerintah pada dasarnya mendengarkan aspirasi dari masyarakat mengenai desakan menutup PT Dairi Prima Mineral (DPM) dan PT Gruti.

" Kami pun tidak bisa memutuskan di luar kewenangan kami. Semuanya harus berjenjang, nggak bisa melanggar. Urusan yang kita bahas ini adalah di Jakarta, Kementerian. Jadi saya tentu akan berkomunikasi dengan mereka untuk menyampaikan tuntutan amang, inang semua," paparnya. 

Bupati menegaskan tidak bisa melakukannya dengan sewenang-wenang. " Otoritas saya terbatas. Saya nggak mau Pemkab melanggar hukum. Saya harus melihat secara keseluruhan, saya tidak boleh melalui garis yang ditetapkan oleh pemerintah. Saya sudah terima, tentu saya akan telaah dan saya akan bersurat, nanti setelah itu tunggu perintah dari atasan," ungkapnya. 

Oleh karena itu, Bupati mengaku sudah mendengar perusahan juga adalah warga negara, dia punya hak-hak semua. " Jadi saya harus lihat semua. Sejauh itu kalau dia melanggar kita tindak, sama saja," ucapnya. 

Para pengunjukrasa sebelum kekantor Bupati telah menyampaikan aspurasi kepada DPRD Dairi yang juga diterima oleh Nasip Sihombing, Afriyansah Ujung dan Charles Tamba yang turut pula ke kantor Bupati. (imc/nt)


Komentar

Berita Terkini