|

Pj Wali Kota Tebingtinggi Ajak Masyarakat Budayakan Germas

Penjabat Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi pada kegiatan Promosi/Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2022, Kamis (1/9/2022), di kantor Kecamatan Rambutan Jalan Gunung Lauser Kelurahan Tanjung Marulak, Kota Tebingtinggi.(foto: tuah) 


INILAHMEDAN - Tebingtinggi; Penjabat Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengajak masyarakat membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di semua tatanan. Upaya ini sejalan dengan sasaran pokok pembangunan kesehatan pada RPJMN 2020-2024.

Imbauan ini disampaikan Dimiyathi pada kegiatan Promosi/Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2022, Kamis (1/9/2022), di kantor Kecamatan Rambutan Jalan Gunung Lauser Kelurahan Tanjung Marulak, Kota Tebingtinggi.

Dengan mengusung Tema, "Hidup Sehat, Bugar, Produktif," Dimiyathi menegaskan, mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Saat ini Indonesia tengah mengalami pola perubahan, pola penyakit yang sering disebut Transisi Epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, kanker, diabetes dan lain-lain.

Tingginya angka kesakitan akibat penyakit tidak menular, ungkap Dimiyathi, juga disebabkan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan olahan siap saji, tinggi gula, garam dan lemak, serta rendahnya konsumsi buah dan sayuran yang berakibat pada gangguan kesehatan dan obesitas.

Menurut Dimiyathi, tindakan promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah meningkatnya angka kematian dan kesakitan akibat penyakit menular dan tidak menular. 

"Selain pencegahan dan penanggulangan stunting, program Germas adalah program yang sering digaungkan dan dikampanyekan pemerintah saat ini," katanya.(imc/tuah)

Komentar

Berita Terkini