|

Bobby: Target Penataan Kota Lama Kesawan Selesai November 2023

 

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR Ir Diana Kusumastuti MT meninjau pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang telah dimulai di Jalan Perniagaan, Kamis (15/09/2022). (foto: bsk) 

INILAHMEDAN - Medan: Penataan kawasan Kota Lama Kesawan yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dimulai, Kamis (15/09/2022).

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR Ir Diana Kusumastuti MT meninjau pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang telah dimulai di Jalan Perniagaan.

Selain Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, sejumlah pimpinan OPD terkait juga turut mendampingi Bobby dalam peninjauan.   Bobby selanjutnya melihat data teknis terkait, termasuk schedule percepatan pekerjaan yang akan dilakukan untuk menata kawasan yang banyak dipenuhi bangunan tua kaya akan nilai sejarah tersebut.

Berdasarkan gambar yang tertera di lokasi, ada 7 lingkup pekerjaan yang akan dilakukan. Yakni meliputi pekerjaan persiapan, revitalisasi saluran drainase, pekerjaan jalur utilitas, pekerjaan koridor Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang.

Kemudian, pekerjaan koridor Jalan Ahmad Yani, pekerjaan kawasan Jalan Perniagaan dan Jalan Kereta Api serta pekerjaan  kawasan Jalan Masjid dan Pasar Hindu.

Masih dari gambar, manfaat pembangunan yang dilakukan disebutkan ada 2 yaitu pemugaran kawasan Kota Lama Kesawan sebagai salah satu ikon Kota Medan dan menjadi salah satu destinasi wisata lokal dan mancanegara. Sedangkan masa pelaksanaan 510 hari kalender terhitung mulai 8 Juli 2022 sampai 29 November 2023.

Lokasi pengerjaan di Jalan Perniagaan ditutupi seng, selain untuk mendukung percepatan pengerjaan yang dilakukan, juga menghindari agar masyarakat pengguna jalan tidak terganggu saat melintasi kawasan tersebut saat pengerjaan berlangsung.

Diana Kusumastuti didampingi beberapa jajarannya memberikan penjelasan terkait dengan pengerjaan yang dilakukan kepada Bobby.

Kemudian, Bobby menyampaikan sejumlah masukan sehingga pembangunan infrastruktur permukiman semakin lebih baik dan menarik.

Setelah itu Bobby dan Dirjen Cipta Karya meninjau lokasi pengerjaan yang dilakukan di Jalan Perniagaan tersebut.

Bobby Nasution menjelaskan, ada 2 pekerjaan yang dilakukan di Kota Medan. Yakni pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan.

“Pengerjaannya dengan sistem multiyears menggunakan APBN. Jadi Insya Allah akan rampung dan selesai pada November 2023. Mudah-mudahan dapat membantu percepat penyelesaian pengerjaan di kawasan Kota Lama Kesawan,” kata Bobby.

Sedangkan pengerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR, kata Bobby, pembangunan Pasar Aksara yang telah selesai pengerjaannya. Bahkan, imbuhnya, Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar telah selesai melakukan pengundian pedagang.

“Target saya, dua Minggu dari sekarang, Pasar Aksara yang baru ini sudah dapat dioperasikan,” ungkapnya.(imc/bsk) 

Komentar

Berita Terkini