|

Antisipasi Ancaman Wilayah, Satuan Yonkav 6/Naga Karimata Laksanakan Latihan Taktis

Kegiatan 'Lattis Ton Kav'. (foto : dok) 
INILAHMEDAN - Medan : Selain latihan untuk meningkatkan kemampuan teknis maupun taktis satuan Peleton Yonkav 6/NK, latihan itu juga disebut 'Lattis Ton Kav' yang bertujuan untuk meningkatkan militansi prajurit Naga Karimata, dalam rangka kesiapan menghadapi berbagai ancaman di wilayah Sumut, khususnya wilayah medan dan sekitarnya. 

Komandan Batalyon Kavaleri 6 Naga Karimata (Danyonkav 6/NK) Letkol Nugraha Yudha Prawiranegara usai latihan teknis dan taktis Tingkat Kompi yang diikuti oleh 57 personel Yonkav 6/ NK dilaksanakan tertanggal 20 - 22 Juni 2022 di Sawit Seberang, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat. 

" Latihan menggunakan 4 kendaraan tempur (Ranpur) Tank AMX jenis Canon  dan satu Ranpur AMX jenis APC," katanya baru baru ini. 

Menurut Danyonkav 6/NK bahwa dengan digelarnya latihan itu yang merupakan salah satu upaya pembinaan satuan dan pemeliharaan serta peningkatan profesionalitas prajurit. 

Gunakan kenderaan Tang. (foto : dok)
Selain itu,  juga agar para prajurit memahami dan mampu melaksanakan dan mengaplikasikan materi teknik serta taktik bertempur tingkat Peleton. 

Saat latihan, Danyonkav 6/NK Letkol Nugraha Yudha menekankan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan dengan semangat dan sungguh-sungguh, memaksimalkan sarana prasarana pendukung yang ada serta memanfaatkan sebesar-besarnya latihan untuk meningkatkan kemampuan teknis mau pun taktis dalam hubungan satuan setingkat Peleton, dengan tidak mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan. 

" Sebagai seorang prajurit TNI khususnya kecabangan Kavaleri, latihan-latihan seperti ini sangatlah penting dilaksanakan untuk memberi penyegaran kembali terhadap tugas pokok dan fungsi masing-masing Pleton, terutama jika terjadi hal-hal yang mengancam keamanan wilayah Medan dan sekitarnya, karena itu pahami apa yang diarahkan dan laksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,” tuturnya. 

Lanjut Danyonkav 6/NK, sasaran latihan diharapkan akan bisa menjaga kemampuan perorangan dan kelompok dalam menghadapi konflik pertempuran kenvensional saat operasi militer perang. 

Diakhir Latihan, Danyonkav 6/NK Letkol Nugraha Yudha menyampaikan pula rasa bangganya terhadap seluruh prajurit Yonkav 6/NK yang telah melaksanakan rangkaian materi latihan mulai dari Pinpas hingga Serangan dengan penuh semangat serta melaksanakan setiap prosedur dengan baik.

" Alhamdulillah, selama pelaksanaan kegiatan 'Lattis Ton Kav' ini semua berjalan dengan aman dan lancar," pungkasnya. (imc/joy) 


Komentar

Berita Terkini