|

29 Juni-1 Juli, Medan Tuan Rumah Raker Komwil I APEKSI

Kota Medan menjadi tuan rumah rumah pelaksanaan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) yang akan berlangsung  29 Juni sampai 1 Juli mendatang.(foto: bsk) 


INILAHMEDAN - Medan: Kota Medan menjadi tuan rumah rumah pelaksanaan Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) yang akan berlangsung  29 Juni sampai 1 Juli mendatang.

Mengusung tema “Sinergi dan Kolaborasi Melalui Ekonomi Inklusif dan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Handal”,   raker akan dihadiri 24 pemerintah kota di wilayah Sumatera Bagian Utara yang terdiri dari Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

“Raker Komwil I APEKSI bertujuan untuk menampung, membahas dan memutuskan usul-usul program kerja APEKSI Komisariat Wilayah I selama 1 ( satu ) tahun untuk dapat disampaikan atau sebagai rekomendasi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI,” kata Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan HM Sofyan didampingi Plt Kabag Kerjasama Setda Kota Medan Nurbaiti Harahap di Balai Kota Medan, Kamis (16//2022).

Dikatakan Sofyan, Pemko Medan terus melakukan persiapan sehingga Raker Komwil I APEKSI berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi yang akan disampaikan pada Rakernas APEKSI. Apalagi, ungkapnya, Wali Kota Medan telah ditetapkan sebagai Ketua Komwil I APEKSI periode 2021-2024 berdasarkan hasil Musyawarah Komisariat Wilayah I APEKSI di Banda Aceh pada 22 November 2021.

Selain rapat kerja, kata Sofyan, kegiatan juga akan dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya seperti Ladies Programme, Malam Ramah Tamah, Medan City Expo serta Pawai Budaya. Untuk rapat kerja dihadiri  24 Wali Kota atau mewakili dari 24 Pemerintah Kota  yang tergabung dalam Komwil I APEKSI. Sedangkan untuk Ladies Program dihadiri para istri Wali Kota.

Sofyan menjelaskan, pelaksanaan Raker Komwil I APEKSI akan dilaksanakan di Ballroom Santika Dyandra Hotel. “Untuk Ladies Programme dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita/PKK Kota Medan. Acara malam ramah tamah dengan seluruh peserta raker kita laksanakan di halaman depan Balai Kota Medan. Sedangkan Medan City Expo dipusatkan di Lapangan Benteng," jelasnya.

Berhubung pelaksanaan Raker Komwil I APEKSI jatuh bertepatan dengan Hari Jadi ke-432 Kota Medan, jelas Sofyan, para Wali Kota peserta raker akan mengikuti upacara di Lapangan Merdeka pagi hari. Setelah itu para Wali Kota akan menyaksikan Fashion Carnival (pawai budaya).

“Saat mengikuti Fashion Carnival, para Wali Kota akan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah. Fashion Carnival ini akan digelar di Tjong A Fie Mansion sampai Lapangan Merdeka,” ungkapnya.(imc/bsk)

Komentar

Berita Terkini