-->
    |

Dinkes Sumut Targetkan Masyarakat Dapat Pemerataan Pelayanan Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Kadinkes Sumut) di sela-sela acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Hotel Rodison Jalan Adam Malik Medan, Jumat (12/11/2021). (foto: fat) 


INILAHMEDAN - Medan: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Kadinkes Sumut) Ismail Lubis menjanjanjikan masyarakat di Sumut akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata. 

"Agar masyarakat Sumut mendapatkan pelayanan dan akses kesehatan yang baik dan merata kita memberikan jaminan kesehatan seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Saat ini persentase masyarakat Sumut sudah mencapai hampir 70 persen tercover dana BPJS yang dicover oleh pembiayaan provinsi dan kabupaten kota," katanya kepada wartawan pada Jumat (12/11/2021) di sela-sela Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Hotel Rodison Jalan Adam Malik Medan.

Ismail uga menyampaikan bahwa HKN merupakan penggerakan pemberdayaan masyarakat untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. 

"Terkait penanganan Covid-19, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen kesehatan, elemen masyarakat yang sudah berperan aktif dalam memutus mata rantai pandemi ini dengan bervaksinasi dan menerapkan 3M," paparnya.

Sejauh ini, sebutnya, kondisi Covid-19 menurun, angka konfirmasi menurun, kesembuhan meningkat, BOR rumah sakit juga menurun dan capaian vaksinasi di Sumut hingga November sudah 52 persen untuk  dosis pertama dan  sudah 33 persen untuk dosis kedua. 

Sementara ketersediaan stok vaksin, katanya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan beserta Gubernur Sumut, vaksin sedang dalam perjalanan untuk mencapai dosis 50 persen di November.

 "Untuk masing-masing kabupaten kota itu kita membutuhkan 3 juta 192 ribu dosis dan stok saat ini ada 400 ribu yang juga akan segera diambil oleh kabupaten kota," katanya. 

Ketua Panitia HKN ke 57, Nelly Fitriani didampingi Hery Valona Ambarita penanggungjawab kegiatan menyatakan rangkaian kegiatan HKN ini sudah dimulai pada 5 November 2021 lalu.

"Mulai tanggal 5 November 2021, di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ada kegiatan Germas. Tanggal 7 kemarin ada di Astaka Pancing, juga ada kegiatan rangkaian HKN ada vaksinasi 1000 orang, PCR dan bekerja sama dengan mitra kesehatan seperti organisasi profesi," paparnya.(imc/fat)



Komentar

Berita Terkini