-->
    |

Pimnas ke-34 Berakhir, USU Raih 3 Penghargaan

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 di Universitas Sumatera Utara ( USU) berakhir.(foto: Vera)


INILAHMEDAN - Medan: Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34
di Universitas Sumatera Utara ( USU) berakhir.

"Pada Pinmas yang digelar sejak 25 - 29 Oktober 2021 itu, USU meraih 3 penghargaan," kata Rektor USU Dr Muryanto Amin dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/10/2021).

Rektor USU menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Pimnas ke-34.

Rektor juga menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada jajaran di Kemendikbudristek, Dirjen Puspresnas, Direktorat Belmawa, Pemprov Sumut dan Pemko Medan sehingga kompetisi tersebut dapat berjalan dengan baik dan sukses tanpa kendala apapun.

Rektor USU juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang. Dia berharap yang belum berhasil menang tidak patah semangat, melainkan terus berupaya memperbaiki diri agar lebih baik lagi di masa mendatang.

Pada perhelatan nasional yang ditutup pada Jumat (29/10/2021) itu memberikan kejayaan kepada Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai juara umum yang meraih piala bergilir Pimnas ke-34.

Sedangkan juara kedua diraih Institut Pertanian Bogor dan juara 3 diraih Institut Teknologi Sepuluh November.
USU sendiri berhasil meraih satu perunggu dan dua juara favorit di dalam kompetisi tersebut.

Penghargaan setara perunggu diraih Sindi Elisa Tanjung di kelas PKMRE-2 dengan karya “Sifat Penginderaan Film Nanosheet Ekstrak Antosianin Buah Bit/Grafiena/PVA sebagai Kemosensor Diagnosa Dini Kanker Paru-Paru Melalui Hembusan Napas.”

Sedangkan juara favorit diraih Muhammad Atqa Adzkia Zaldi di kelas PKM KC-4 dengan karya “Kursi Roda Pintar untuk Meningkatkan Mobilitas Tunanetra dengan Sensor Ultrasonic dan Termometer sebagai Penerapan Protokol Kesehatan di Kala Pandemic”.

Sedangkan di kelas PKMRE-5 Nikayati dengan karya “Solar paint: Cat Terintegrasi Perovskite/Ti02 dari Aki Bekas dengan Metode Spray-Coating Sebagai Solusi Energi Terbarukan” juga berhasil meraih juara favorit.

Ketua Umum Pinmas 34 Dr Edy Ikhsan, SH, MA, dalam sambutannya melaporkan  ajang nasional ini diisi sejumlah kegiatan di antaranya  malam ramah tamah pada 25 Oktober 2021 di Istana Maimoon.

Pada malam ramah itu para delegasi dewan juri diminta hadir bersama keluarga Sultan Deli di Istana Maimoon dengan mengenakan pakaian adat melayu.

Opening ceremony pada 26 Oktober 2021 di halaman biro administrasi USU yang dihadiri 200 tamu undangan, penjurian presentasi yang diselenggarakan selama 2 hari pada 27-28 Oktober 2021 di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dan Fakultas Kedokteran Gigi USU dan penjurian poster di Gedung Pancasila USU.

Sarasehan  pada 29 Oktober 2021 bersama para wakil rektor dan direktur bidang kemahasiswaan di auditorium USU. Sedangkan kuliah umum menghadirkan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Dr drs Nana Mulyana MKes.

Edy juga menambahkan penjurian presentasi telah dilaksanakan dengan baik di 18 ruangan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dan 17 ruangan Fakultas Kedokteran Gigi.

Kegiatan penjurian ini dilakukan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui saluran channel Youtube Official USU.

Seluruh kegiatan didukung dengan jaringan internet yang mencapai 800 lebih Mbps untuk mempermudah seluruh proses penjurian secara daring.

Kegiatan penjurian poster juga berjalan dengan baik dan lancar di Gedung Pancasila USU.

Poster karya peserta Pimnas ke-34 dipresentasikan secara pameran sebanyak 735 poster. Proses penjurian ini juga dapat disaksikan secara langsung melalui saluran streaming youtube official USU. Pameran poster turut disaksikan sejumlah siswa SMA dan mahasiswa dari sejumlah universitas di Kota Medan.

Malam puncak penutupan Pimnas ke-34 dihadiri daring antara lain jajaran pejabat di Kemendikbudristek, Puspresnas dan Belmawa dan para Rektor PTN/PTS peserta PIMNAS ke-34 di seluruh Indonesia.

Sedangkan luring dihadiri antara lain Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si dan jajaran, delegasi dewan juri Pimnas ke-34, Forkopimda Sumut dan Medan, serta dimeriahkan  penyanyi ibukota, Pamungkas, yang dikenal ddengan lagunya “To The Bone”.(imc/vera)

Komentar

Berita Terkini