-->
    |

BI Sumut: Ketahanan Sistem Keuangan Relatif Stabil


INILAHMEDAN - Medan: Berdasarkan assasement Kemenkes per 23 Agustus 2021, situasi Covid-19 di Sumatera Utara berada pada level 3. Peta persebaran risikonya masih sedang hingga tinggi.

Provinsi Sumatera Utara berada di urutan 11 provinsi dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 tertinggi di Indonesia, berkontribusi sekitar 2% dari total kasus Covid-19 Nasional.

Hal ini dikatakan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo, Selasa (24/08/2021).

"PPKM Darurat dan disiplin prokes diharapkan dapat mendukung penurunan kasus secara signifikan di Sumatera Utara. Daerah dengan risiko tinggi antara lain Medan, Deliserdang, Pematangsiantar, Tapanuli Utara, Samosir, Asahan dan Labuhanbatu," ujarnya.

Secara nasional tingkat capaian vaksinasi Sumut masih di bawah nasional. Diperlukan sinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong percepatan proses vaksinasi hingga dapat mencapai tingkat herd imunity 70%. 

"Pelaksanaan vaksinasi massal di berbagai lokasi di Sumut berkolaborasi dengan Forkopimda merupakan upaya yang ditempuh oleh Pemerintah untuk mengejar percepatan target vaksinasi," katanya.

Ditambahkannya, dalam memasuki bulan Juli 2021, ketahanan sistem keuangan relatif stabil di tengah ketidakpastian ekonomi dampak PPKM di beberapa kota di Sumut (Medan dan Sibolga).

"Perkembangan aset dan profitabilitas tidak menunjukan perubahan yang signifikan. Disisi lain, intermediasi perbankan (LDR) mencatat peningkatan (84,2% -> 84,7%) . Kredit tertahan (Undisbursed Loan) mencatat peningkatan oleh seluruh kelompok," sebutnya. 

Adapun spread bunga perbankan relatif stabil pada angka 5,2%, sedikit naik dibandingkan pada TW II 2021 sebesar 5,1%, namun tetap sejalan dengan belum adanya perubahan BI7DRRR yang masih di angka 3,5%.(imc/fat)


Komentar

Berita Terkini