|

F-PKS Sarankan Seluruh PD Digabungkan


INILAHMEDAN - Medan: Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan menyarankan seluruh Perusahaan Daerah (PD) milik Pemko Medan dilebur menjadi satu agar lebih efektif dan efisien. 

Hal ini disampaikan juru bicara Fraksi PKS DPRD Medan Rudiawan Sitorus saat menyempaikan pendapat fraksinya terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Medan tentang Perusahaan Umum Daerah Rumah Potong Hewan (PUD RPH) di ruang Rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (26/04/2021).

Fraksi PKS beralasan direksi yang ada saat ini minim inovasi, kreasi dan visi dalam memajukan perusahaan daerah. "Itulah mengapa kami berpendapat agar seluruh perusahaan daerah digabung menjadi satu saja agar lebih efektif dan lebih efisien," jelas Rudiawan Sitorus.

FPKS memberikan catatan sejumlah persoalan yang sedang dihadapi PD RPH saat ini antara lain, neraca keuangan yang tidak efisien disebabkan lebih besar pengeluaran daripada pendapatan setiap tahun sehingga perusahaan selalu merugi. Dengan demikian, hampir setiap tahun PD RPH mendapat tambahan modal dari APBD Kota Medan. Kemudian inefisiensi tata kelola perusahaan yang dibuktikan banyaknya jumlah pegawai tidak sebanding dengan beban pekerjaan yang ada disebabkan sedikitnya jumlah hewan yang dipotong.

Rudiawan menegaskan, dengan ditetapkannya ranperda tentang Perusahan Umum Daerah (PUD) RPH Kota Medan ini akan memberi keleluasaan kepada direksi dan manajemen RPH untuk melakukan aksi-aksi korporasi dan bekerja sama dengan pihak ketiga dalam rangka meningkatkan neraca keuangan sehingga bisa dapat berkontribusi positif terhadap pendapatan daerah Kota Medan. (imc/bsk)


Komentar

Berita Terkini