|

Bupati Karo: Konjen Tiongkok Ajak Pemkab Karo Kerjasama Lawan Covid-19



INILAHMEDAN - Kabanjahe: Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan Pemerintah Tiongkok melalui Konsul Jenderal  Republik Rakyat Tiongkok Medan Qiu Weiwei mengajak Pemkab  Karo bekerjasama memerangi pandemi virus Covid-19.
      
"Selain itu,  kerjasama bidang ekonomi dan perdagangan juga tidak ketinggalan ditawarkan," ujar Bupati Karo seusai bertemu dengan Wu Boliang  perwakilan Delegasi Konjen RRT Medan saat menyerahkan surat kerjasama kepada Bupati Karo, Jumat sore (19/03/2021) di Kabanjahe.
      
Menurut Wu Boliang, pihak pemerintah Tiongkok menawarkan kerjasama ini terkait memerangi pandemi virus Covid-19, karena sebelumnya pihak Tiongkok telah bekerjasama memprakarsai mendorong  dengan pemerintah Indonesia dalam hal uji Klinis Vaksinasi Covid-19. 
      
Kerjasama ini untuk saling tukar informasi dalam upaya memerangi Covid-19. Lantas di sisi lain, pihaknya juga bersedia menjalin kerjasama bidang pemulihan ekonomi dan perdagangan.
      
Menyahuti hal tersebut, Bupati Karo  didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi sangat berterima kasih kepada pemerintah Tiongkok melalui Konjen Republik Rakyat Tiongkok Medan atas kepeduliannya terhadap Pemkab Karo.
     
"Kesempatan ini sangat  luar biasa bagi Pemkab Karo dan ke depan sesuai surat yang kami terima tadi,  Pemkab akan merapatkan bagaimana ke depan teknis kerjasama yang ditawarkan tersebut," ujar Terkelin.
     
Hal ini harus melalui mekanisme, terlebih jabatan Terkelin selaku  Bupati Karo akan berakhir pada 22 April  2021. Tentu ini menjadi tantangan, sehingga kerjasama ini belum dapat dipastikan, sebab dalam waktu dekat estafet kepemimpinan akan berganti.
      
Namun di akhir jabatan ini, secara mekanisme surat yang kita terima  telah  didisposisi dan rekomendasikan ke dinas terkait, agar tetap ditindaklanjuti isi surat yang ditawarkan, terkhusus penanganan kerja sama perang melawan Covid-19 ini sangat penting, karena Pemerintah Tiongkok memiliki obat penawarnya.(imc/is)

Komentar

Berita Terkini