-->
    |

Sosialisasi Perda Kesehatan, Wong Imbau Warga Medan Patuhi Prokes


INILAHMEDAN - Medan: Anggota Komisi II DPRD Medan Wong Chun Sen Tarigan mengimbau warga senantiasa menjaga pola hidup sehat dan bersih.

"Sesuai imbauan pemerintah tentang Protokol Kesehatan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan harus dilaksanakan, jangan sesekali menganggap remeh karena penyakit ini sangat gampang tertular dan menularkannya kepada yang lain," kata Wong Chun Sen saat menyosialisasikan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Minggu (13/09/20) di Jalan Mustafa Gang Umar Kelurahan Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur, Medan, Sumut.

Dalam kesempatan itu, Wong juga meminta pimpinan DPRD Medan telah mengusulkan kepada Pemko Medan dan Pemprovsu mengadakan swab massal kepada warga Kota Medan.

Selain itu ia juga mengusulkan bagi warga yang ber KTP Kota Medan ini gratis mendapat biaya perobatan di mana saja di Kota Medan.

"Sehingga warga yang ingin berobat tidak perlu khawatir dengan biaya perobatan karena telah ditanggung Pemko Medan," ujarnya.

Selain itu juga kepada Puskesmas diminta untuk selalu memberikan pelayanan kepada warga, di mana pada hari libur tetap membuka layanan kesehatan.

Menyahuti pelayanan kesehatan, Camat Medan Timur yang diwakili Syahril mengatakan senantiasa memberikan pelayanan kesehatan kepada warga khususnya kepada ibu hamil, anak-anak, balita serta imbauan pakai masker di kawasan Medan Timur.

Begitu juga perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Tejo Purwono juga memaparkan pihaknya telah menyiagakan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

Meski demikian ia tetap mengimbau agar tim pelayanan kesehatan maupun warga yang berobat memakai masker saat berkunjung ke puskesmas.

Tejo juga mendukung apa yang disampaikan Wong Chun Sen, agar mengkomsumsi makanan bergizi dan vitamin.

"Untuk komnsumsi makanan bergizi dan bervitamin itu ada pada sayuran dan buah-buahan. Selain itu menerapkan pola hidup sehat tak hanya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan akan tetapi pakaian yang dipakai ketika sampai di rumah langsung dicuci dan mandi," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan BPJS Kesehatan, Lestari Megawati Siregar menuturkan kepersertaan BPJS Kesehatan ini sangat penting untuk melakukan perawatan medis dalam pemeriksaan kesehatan. Meski BPJS tidak bisa diklaim untuk Rapid atau Swab Test serta perawatan Covid19, akan tetapi sebagai antisipasi warga bisa mengecekan kesehatan.

Sedangkan bagi warga kurang mampu bisa mengkordinasikan kepada pihak kelurahan setempat dan Dinsos Medan sehingga kepersertaan mereka ditanggung oleh pemerintah.

Kegiatan yang dihadiri warga dan elemen organisasi kepemudaan ini berjalan lancar bahkan seusai kegiatan warga diberikan Facial Sheel atau penutup wajah, masker dan handsanitizer.(imc/bsk)
Komentar

Berita Terkini