|

Tekan Kurva Tidak Naik, Presiden Instruksikan Tambah Personel TNI-Polri


INILAHMEDAN - Jakarta : Presiden Joko Widodo menginstruksikan Panglima TNI dan Kapolri menambah personel di daerah yang laju penularan covid-19 masih tinggi.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas untuk persiapan menuju fase kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi covid-19 melalui konferensi video pada Rabu (27/05/20).

" Untuk daerah yang masih tinggi, yang kurvanya masih naik, saya kemarin sudah perintahkan kepada Gugus Tugas, kepada Panglima TNI dan Kapolri, untuk di Jawa Timur misalnya, tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi," ujar Presiden sebagaimana dikutip dari humaspolri, Kamis (28/05/20).

Presiden juga meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memasifkan tes covid-19 dan pelacakan para orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP).

Presiden Jokowi sekaligus meminta Gugus Tugas mengisolasi secara ketat para ODP dan PDP yang terjaring untuk mengurangi potensi penularan Covid-19.

" Jadi dalam rangka persiapan menuju tatanan normal baru ini saya juga minta tolong dicek tingkat kesiapan setiap daerah dalam mengendalikan virus ini," jelas Presiden.

Untuk diketahui, pemerintah tengah mempersiapkan Indonesia memasuki fase kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi covid-19 yang masih melanda.

Dengan demikian, sejumlah aktivitas ekonomi yang sebelumnya dilarang semasa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bisa kembali beroperasi

Presiden Jokowi menilai, Indonesia harus tetap produktif namun tetap aman dari infeksi covid-19.

Untuk itu, presiden mengatakan masyarakat harus meningkatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan sebelum masuk ke dalam kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi covid-19.

" Kita ingin sekali lagi masuk ke normal baru, tatanan baru dan kita ingin muncul kesadaran dan kedisiplinan kuat sehingga R0 (basic reproductive number) bisa kita tekan di bawah satu," ujar Presiden Jokowi saat meninjau kesiapan memasuki era new normal di Summarecon Mall, Bekasi, Selasa lalu. (***/imc)


Komentar

Berita Terkini