|

Pahlawan Pangan di Deliserdang Panen Bawang di Tengah Pandemi

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi turut serta memanen bawang di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. Sabtu (02/05/2020). (foto: ist)


INILAHMEDAN - Deliserdang: Para petani di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, tengah bersiap memanen sekitar 16 ton bawang merah di lahan seluas 1 hektar, Sabtu (02/05/2020).

Di tengah situasi pandemi Covid-19, para petani yang hendak memanen ditemani langsung Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Mengenakan topi dan masker, Edy memasuki lahan dan memulai memanen bersama petani dengan tetap menjaga jarak (physical distancing).

"Saya sangat mengapresiasi para petani kita yang tetap semangat beraktivitas di tengah situasi sulit saat ini. Mereka adalah contoh bahwa kita harus tetap berdaya dan kuat di tengah pandemi. Mereka pahlawan-pahlawan pangan kita," ujar Edy.

Kata Edy, saat ini harga bawang merah di pasaran sedang naik. Pemenuhan kebutuhan bawang merah Sumut 50 persen masih dipasok dari luar provinsi. "Diharapkan panen ini membantu memenuhi pasokan khususnya menjelang Lebaran, serta membantu menstabilkan harga di pasar," katanya.

Edy juga meninjau lahan-lahan pertanian setempat untuk dijadikan kawasan atau sentra-sentra penghasil bawang merah. Sehingga tujuan untuk swasembada bawang merah dan pangan keseluruhan segera tercapai.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Dahler Lubis menambahkan produksi bawang merah di Sumut masih memenuhi kebutuhan daerah 40 persen hingga 50 persen. Sisanya masih dipasok dari luar Sumut.

Kepala Desa Liang Pematang, Bahagia Tarigan, merasa terhormat dengan kehadiran Gubernur Edy Rahmyadi yang turut serta ikut panen bawang merah di desanya.

"Tentunya ini menjadi penyemangat bagi kami dan bangga bisa membantu kebutuhan bawang merah di Sumut," tuturnya.(imc/bsk)



Komentar

Berita Terkini